HOME » BERITA » PERNAH DENGAR ISTILAH MOBIL WAGON? APA SIH MAKSUDNYA?

Pernah Dengar Istilah Mobil Wagon? Apa Sih Maksudnya?

Beberapa mobil yang beredar saat ini memiliki kata "wagon" di belakang namanya. Apa maksud istilah tersebut?

Sabtu, 16 Februari 2019 15:45 Editor : Cornelius Candra
Volvo V90 Cross Country (Drivemag.com)

OTOSIA.COM - Kata "Wagon" di Indonesia saat ini identik dengan salah satu produk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yaitu Suzuki Karimun Wagon R. Namun, istilah tersebut sudah lama digunakan, bahkan sebelum mobil LCGC itu muncul.

Diagram mobil sedan, wagon, dan hatchback

Mengutip dari Caranddriver.com, mobil wagon atau station wagon pada dasarnya adalah sedan yang atapnya diperpanjang sampai bagian belakangnya.

Mercedes-Benz E-Class Wagon

Penambahan ruang ini berfungsi sebagai bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang. Karena itu juga, mobil station wagon juga kerap disebut estate di beberapa negara.

Porsche Panamera Sport Tourismo

Namun, mobil wagon tidak sama dengan hatchback. Pasalnya, terdapat pilar D dan jendela pada mobil wagon, sedangkan hatchback biasanya hanya memilki 3 pilar saja, A, B, dan C.

BMW Seri 3 Touring

Beberapa pabrikan mobil bahkan memberikan istilah tersendiri untuk seri wagon mereka, seperti Avant pada Audi, BMW dengan Touring, di MINI ada Clubman, dan Fiat menyebutnya sebagai Weekend.

MINI Cooper Clubman

Sampai saat ini, mobil wagon masih terus diproduksi lantaran memiliki pesonanya sendiri, sebut saja MINI Cooper Clubman, Porsche Panamera Sport Tourismo, dan Mercedes-Benz E-Class Wagon.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR