HOME » BERITA » PERNAH DENGAR ISTILAH RUN FLAT TIRE? APA MAKSUDNYA?

Pernah Dengar Istilah Run Flat Tire? Apa Maksudnya?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ban run flat tire atau ban RFT? Apa kelebihan ban RFT dibanding ban biasa?

Selasa, 02 Juli 2019 14:45 Editor : Cornelius Candra
Pernah Dengar Istilah Run Flat Tire? Apa Maksudnya?
Ilustrasi ban mobil (consumerreports.org)

OTOSIA.COM - Terkadang saat melihat brosur atau berbagai artikel dan video mobil, kadang terdengar istilah run flat tire. Biasanya, kata ini muncul pada review beberapa mobil mewah asal Eropa.

Sebenarnya apa yang dimaksud run flat tire (RFT)? Apa kelebihan dan manfaatnya?

Mengutip dari situs resmi Bridgestone, ban RFT adalah ban yang masih bisa digunakan ketika ban mengalami kebocoran. Setidaknya, mobil dapat diarahkan ke bengkel terdekat atau lokasi yang aman.

Cara kerjanya ialah ban RFT memiliki lapisan dinding samping khusus yang lebih kuat dibanding ban pada umumnya. Konstruksi ini yang membuat ban masih dapat bertahan ketika angin di dalamnya habis.

1 dari 1 Halaman

Tak Mudah Meledak

Pernah Dengar Istilah Run Flat Tire? Apa Maksudnya?Tak Mudah Meledak

Meski demikian, saat ban RFT mengalami kebocoran, pengendara tetap harus mengurangi kecepatan sesuai anjuran pabrikan ban. Misalnya ban RFT keluaran Bridgestone dapat diajak berkendara sejauh 80 km dengan kecepatan maksimal 80 km/jam dalam kondisi angin benar-benar habis.

Dengan adanya jarak dan kecepatan maksimal ini, kebanyakan ban RFT disematkan pada mobil-mobil premium yang dilengkapi dengan fitur pemantau tekanan ban atau tire-pressure monitoring system (TPMS).

Artinya saat kondisi normal ban RFT bekerja layaknya ban pada umumnya. Komponen ini harus mengandung udara dengan tekanan yang dianjurkan. Lantaran konstruksi dinding yang kuat, ban RFT disebut dapat mengurangi risiko ban meledak.

BERI KOMENTAR