HOME » BERITA » PERTAMA KALI, MOBIL CINA PECAHKAN REKOR WAKTU TREK NURBURGRING

Pertama Kali, Mobil Cina Pecahkan Rekor Waktu Trek Nurburgring

Untuk pertama kalinya mobil sport pabrikan Cina, Lynk & Co 03 Cyan Concept, memecahkan rekor di trek Nurburgring, Jerman. Mobil sport ini bahkan lebih cepat 3 detik ketimbang Jaguar.

Selasa, 27 Agustus 2019 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pertama Kali, Mobil Cina Pecahkan Rekor Waktu Trek Nurburgring
Lynk & Co 03 Cyan Concept (Zing)

OTOSIA.COM - Pabrikan mobil Cina, Lynk & Co 03 Cyan Concept memecahkan rekor baru di trek Nurburgring, Jerman. 03 Cyan Concept merupakan produk dari Cyan Racing yang biasa dikenal sebagai Polestar dan dimilki oleh Geely.

Melansir Zing, 03 Cyan Concept dibekali mesin bertenaga 500 hp. Berkat tenaga itu, 03 Cyan Concept menjadi mobil berpenggerak roda depan dan 4-pint tercepat di trek yang dijuluki Green Hell.

Rekor ini menjadi momen penting, sebab untuk pertama kalinya pabrikan Cina berhasil memecahkan rekor. Mobil ini dikemudikan oleh Thed Bjork, yang merupakan World Road Racing Champion 2017.

1 dari 2 Halaman

Lebih Cepat daripada Jaguar

Pertama Kali, Mobil Cina Pecahkan Rekor Waktu Trek NurburgringLebih Cepat daripada Jaguar

Lynk & C 03 Cyan Concept menyelesaikan lap sepanjang 21 kilometer dalam waktu 7 menit 20,143 detik dengan kecepatan rata-rata 170,4 kpj. Catatan waktu itu lebih cepat 3 etik daripada Jaguar dan 25 detik lebih cepat dari pemegang rekor mobil FWD, Renault.

"Saya akan terus mengendarai mobil ini saat hujan ataupun panas di trem paling ekstrem di dunia. Mobil ini adalah bukti mengemudi tak memandang kondisi, baik di Nurburgring atau Autobahn. Rekor yang saya capai di sini akan setara dengan perlombaan kejuaraan. Ini juga merupakan tanda pengembangan kendaraan komersial dari mobil balap," kata Bjork.

03 Cyan Concept adalah versi long-distance dari mobil balap Cyandi World Touring Car Cup (WTCR). Pembuatnya sama dengan tim yang mengembangkan Volvo C30 Concept dan S60 Concept.

2 dari 2 Halaman

Diuji Lagi di Musim Dingin

Pertama Kali, Mobil Cina Pecahkan Rekor Waktu Trek NurburgringDiuji Lagi di Musim Dingin

"Kami akan mencapai tujuan yang telah kami tentukan untuk 03 Cyan Concept, ini adalah premis divisi performance car di masa depan," ujar Kepala Divisi R&D Cyan Racing, Henrik Fries.

Fries menambahkan bahwa rekor waktu yang mereka pecahkan adalah bukti potensi dan kemampuan platform Lynk & Co. Selain itu juga bukti filosofi teknis kami dari lebih dari 2 dekade kerja di bidang mobil sport dan kendaraan komersial.

Namun, sedan ini belum diproduksi secara massal. Pengembangan 03 Cyan Concept akan berlanjut sepanjang 2019. Selain itu, mobil ini juga akan diuji dalam kondisi musim dingin di Swedia utara.

Dengan pencapaian ini, Cyan Racing juga melampaui performa mobil balap tercepat oleh Volvo S60 Cyan TC1 (8 menit 34,813 detik), serta mengalahkan sedan 4-pintu tercepat, Volvo S60 Concept (7 menit 51,110 detik).

BERI KOMENTAR