HOME » BERITA » PERTAMINA KEBUT PENERAPAN DIGITALISASI SPBU

Pertamina Kebut Penerapan Digitalisasi SPBU

PT Pertamina (Persero) akan mempercepat penerapan digitalisasi SPBU

Kamis, 20 Februari 2020 08:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pertamina Kebut Penerapan Digitalisasi SPBU
SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - PT Pertamina (Persero) akan mempercepat penerapan digitalisasi SPBU. Dengan sistem digitalisasi selain meningkatkan kepastian takaran juga diharapkan dapat meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

"Saat ini tidak ada operator yang penguasaan pasar sampai 50 persen. Pertamina mampu melayani sampai 80 persen pangsa pasar di Indonesia. Ke depan, persaingan adalah di pelayanan dan kemudahan, termasuk digital," ujar Mas'ud Khamid, Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero).

Untuk itu Pertamina terus menggenjot penerapan digitalisasi SPBU. Dari total lebih dari 5.000 SPBU yang akan digitalisasi, saat ini sekitar 3.000 sudah terlaksana. Sisanya akan dikebut hingga 2020 ini.

1 dari 1 Halaman

Menurut Mas'ud, melalui digitalisasi SPBU, penyaluran BBM dari tiap nozzle atau selang SPBU dapat tercatat secara akurat dan mendekati waktu faktual. Sehingga konsumen mendapat manfaat peningkatan kepastian takaran.

Pertamina juga dapat meningkatkan pengawasan atas penyaluran BBM. Sistem ini terintegrasi secara nasional hinga dapat dimonitor di pusat.

Dengan digitalisasi jumlah penyaluran serta kondisi stok bisa dimonitor dari ruang kerja. Sementara transaksi sudah bisa dilakukan secara non tunai menggunakan aplikasi MyPertamina yang didukung LinkAja.

BERI KOMENTAR