HOME » BERITA » PERTAMINA SUDAH PUNYA BBM SETARA EURO 4, INI LOKASI DISTRIBUSINYA

Pertamina Sudah Punya BBM Setara Euro 4, Ini Lokasi Distribusinya

Regulasi standar emisi Euro 4 untuk kendaraan roda empat akan dijalankan pada bulan Oktober mendatang.

Sabtu, 02 Juni 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Merdeka.com

OTOSIA.COM - Regulasi standar emisi Euro 4 untuk kendaraan roda empat akan dijalankan pada bulan Oktober mendatang. Sayangnya penetapan standar ini menimbulkan tanda tanya terkait kesiapan bahan bakar yang sesuai.

Menjawab pertanyaan tersebut, Pertamina ternyata telah memilikinya. Hal tersebut dikatakan External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita saat acara Pertamax Berkah di Jakarta, Kamis (31/05), di mana Pertamax Turbo merupakan tipe bahan bakar yang telah memiliki spesifikasi sesuai standar Euro 4.

"Kalau Euro 4 standar yang paling utamanya itu kadar sulfurnya tidak boleh lebih dari 50 ppm (part per million). Bahan bakar yang beredar saat ini masih di atas itu, kecuali Pertamax Turbo," ucap Arya di Jakarta, Kamis (31/05).

Hanya saja menurut Arya pendistribusiannya masih terbatas di area MOR 3 yang terdiri atas DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Di mana terdapat 329 stasiun pengisian bahan bakar Pertamina sudah menyediakan Pertamax Turbo yang sudah low sulfur.

"Secara nasional 798 SPBU menjual Pertamax Turbo, tetapi yang menjual Pertamax Turbo setara Euro 4 baru di 329 SPBU di area MOR 3," jelas Arya.

Pertamax Turbo berstandar Euro 4 ini sendiri diproduksi di kilang Balongan. Yang mana notabenenya merupakan kilang Pertamina yang paling muda beroperasi dan mampu memprosesnya.

(kpl/fid/crn)

BERI KOMENTAR