HOME » BERITA » PERTOLONGAN PERTAMA MOTOR MOGOK USAI MENERJANG BANJIR

Pertolongan Pertama Motor Mogok Usai Menerjang Banjir

Simak beberapa hal yang perlu dilakukan setelah motor mogok gara-gara menerjang banjir.

Senin, 06 Januari 2020 16:15 Editor : Cornelius Candra
Pertolongan Pertama Motor Mogok Usai Menerjang Banjir
Motor mogok akibat banjir (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Wilayah Jabodetabek diterjang banjir hebat yang merendam ratusan rumah hingga kendaraan bermotor. Banyak di antara pengendara juga terjabak banjir saat di jalan raya, termasuk sepeda motor.

Sepeda motor yang terendam banjir atau memaksakan diri menerobos genangan air yang pada akhirnya mogok diharamkan untuk segera menghidupkannya kembali tanpa memahami cara-cara perbaikan usai diterjang banjir.

"Jangan coba-coba langsung dihidupkan. Lepas busi lebih dulu, dan bersihkan ruang bakar dan busi dari air," buka Galuh Afriyanto, Koordinator Servis Yamaha SBR Pemalang, Jawa Tengah.

Untuk sepeda motor yang masih menggunakan kick stater dianjurkan membuang air yang terjebak di ruang bakar dengan mengengkolnya berkali-kali. Untuk motor tanpa kick starter bisa memakai electric starter.

1 dari 1 Halaman

Pertolongan Pertama Motor Mogok Usai Menerjang Banjir

Namun yang terpenting, katanya, pastikan lebih dulu tidak ada korsleting saat kunci kontak di hidupkan karena akan membuat sistem kelistrikan menjadi rusak, dan ongkos gantinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

"Seteah itu keluarkan oli mesin dan oli gear, ganti dengan oli baru. Jika perlu gunakan engine oil flush untuk mengeluarkan sisa-sisa oli yang tercampur air," imbuhnya.

Komponen lain yang juga harus diperhatikan adalah filter udara. Pastikan tidak ada air di dalam box filter. Setelah itu coba hidupkan motor. Usai motor menyala beberapa menit cek kembali kondisi oli mesin dan kelistrikan pada motor.

"Jika masih bermasalah, silahkan bawa ke bengkel terdekat untuk pengecekan," tutupnya.

BERI KOMENTAR