HOME » BERITA » PESAING HONDA CIVIC DILUNCURKAN, FORD FOCUS MK4 2019

Pesaing Honda Civic Diluncurkan, Ford Focus mk4 2019

Kamis, 12 April 2018 11:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Paultan.org

OTOSIA.COM - Pabrikan asal Inggris, Ford, baru saja merilis model terbaru mereka, Ford Focus Mk4 2019. Mobil ini digadang-gadang dapat menjadi pesaing sepadan bagi Honda Civic.

Dilansir dari Paultan.org, generasi keempat Ford Focus ini ditawarkan dalam 3 tipe body, yakni Ford Focus Mk4 hatchback lima pintu, Ford Focus Mk4 2019 sedan, dan Ford Focus Mk4 2019 estate lima pintu.

Selain itu, Ford Focus Mk4 pun memiliki 6 varian mesin, mulai dari Trend, Titanium, Active, Ambiente, dan ST-Line. Tak lupa juga varian tertinggi, Ford Focus Mk4 Vignale.

Ford Focus Mk4 menggunakan C2 Platform sebagai basisnya. Hal itu membuat mobil ini tampil lebih gemuk namun, tak selebar generasi sebelumnya. Meski jarak sumbu rodanya meingkat 53 mm, bobot Ford Focus Mk4 berkurang 88 kg berkat platform tersebut.

Secara garis besar, eksteriornya cenderung membulat. Tetapi headlight dan grill dibuat lebih meruncing. Nuansa serupa pun muncul di bagian belakang dengan kombinasi gris lengkung dan lampu tajam.

Sedangkan di sisi interior, Ford Focus Mk4 dijejali dashboard yang lebih modern dari generasi sebelumnya. Pada headunit SYNC 3 terpasang layar sentuh 8 inci yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Tak hanya itu, Ford juga menyematkan FordPass Connect dan sistem audio 10 speaker keluaran B&O.

Beralih ke dapur pacu, tersedia dua pilihan teknologi mesin, yaitu EcoBoost dan EcoBlue. Pada varian EcoBoost 1.000cc ditawarkan tiga output tenaga, yakni 85 PS, 100 PS, dan 125 PS. Tak hanya itu, juga ada mesin 1.500cc Ecoboost yang bertenaga 150 PS dan 182 PS. Jantung pacu tersebut dilengkapi dengan teknologi Cylinder Deactivation.

Sedangkan varian EcoBlue berkubikasi 1.500 cc dengan 2 pilihan tenaga, 95 PS atau 120 PS. Ditawarkan pula mesin 2.000cc 150 PS dengan torsi mencapai 370 Nm. Pada sistem transmisi pun disediakan dua pilihan, yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan.

Beberapa fitur menarik pun dibekalkan pada Ford Focus Mk4, seperti speed sign recognition and lane-centring, Evasive Steering Assist, dan Continuously Controlled Damping (CCD) system. Dengan adanya sistem CCD, pengemudi bisa memilih mode berkendara, yakni Normal, Eco, dan Sport.

Sayangnya, menurut sumber yang sama, mobil ini baru akan tersedia untuk pasar China dan Eropa. Setelah itu akan beredar di Amerika Serikat pada kuartal kedua 2019. Lantas bagaimana dengan Indonesia? Akankah Ford Focus Mk4 mengaspal di tanah air?

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR