HOME » BERITA » PILIH HELM UNTUK TOURING, JANGAN ASAL GAYA

Pilih Helm untuk Touring, Jangan Asal Gaya

Minggu, 13 Mei 2018 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto Ilustrasi by ColumnM

OTOSIA.COM - Naik motor kini makin hari makin bukan berdasarkan alasan fungsi semata. Penunggangnya makin gaya, dan estetikanya makin diperhatikan.

Apalagi kalau membahas dunia motor custom. Segala sesuatunya mesti disesuaikan atau nanti malah terkesan tidak nyambung.

Contohnya adalah pilihan helm, yang menurut Atenk, builder dari Katros Garage, biasanya juga disesuaikan dengan gaya motor custom-nya.

"Biasanya kalau motor custom apparelnya kan khusus juga, misalnya helm kan enggak mungkin pakai dari yang motor balap. Banyak juga yang udah bikin," kata dia.

Dia membagikan tips khusus memilih atau memastikan fungsi-fungsi yang sesuai jika helm tersebut akan digunakan untuk jalan jauh, seperti untuk touring.

Ini khususnya soal bagian kaca depan atau visor. Hindari pilihan warna yang gelap yang artinya tidak boleh kalah demi gaya tetapi malah mengganggu pandangan.

"Kalau untuk jalan jauh, helm perhatikan visornya enggak gelap, harus yang terang," ujarnya.

Tidak boleh gelap, helm pun tidak boleh yang punya model pantul. Soalnya, saat digunakan di jalan yang minim pencahayaan, sorotan lampu ke arah kaca ini memang terserap, tetapi di sisi lain malah menyilaukan.

"Enggak boleh yang berbinar karena nanti ganggu pengelihatan," ujarnya menenakannya demi keselamatan bersama di jalan.

 (kpl/why/tys)

BERI KOMENTAR