HOME » BERITA » PILIH IKUT UJI EMISI ATAU DITILANG?

Pilih Ikut Uji Emisi atau Ditilang?

Kenapa Uji Emisi ini penting dilakukan? Apa urgensinya? Saksikan ulasannya di Live Instagram Oto Talks! edisi Jumat, 22 Januari 2021.

Selasa, 19 Januari 2021 12:46 Editor : Redaksi Otosia
Pilih Ikut Uji Emisi atau Ditilang?
Live Instagram Oto Talks! Jumat, 22 Januari 2021

OTOSIA.COM - Uji Emisi Kendaraan sedang hangat menjadi perbincangan netizen, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Ini merupakan program Jakarta Langit Biru untuk mengurangi pencemaran udara.

Kebijakan ini diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Dalam regulasi tersebut dijelaskan bahwa pemilik mobil penumpang perseorangan atau pemilik sepeda motor yang tidak melakukan uji emisi dan/atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang, akan dikenakan disinsentif.

Sanksi juga akan berlaku untuk pemilik Kendaraan Bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan tidak memenuhi Ambang Batas Emisi.

1 dari 2 Halaman

Penegakan hukum tersebut akan dijalankan oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan dengan pengenaan sanksi mengacu pada UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286. Sepeda motor yang melanggar diancam dengan denda maksimal Rp 250.000, sedangkan mobil sebesar Rp 500.000.

Lantas, mana yang akan dipilih? Ditilang atau segera uji emisi? Seberapa urgent kebijakan ini hingga diwajibkan untuk semua pemilik kendaraan?

Saksikan ulasan singkatnya dalam Live Instagram Oto Talks! Edisi Jumat, 22 Januari 2021. Kali ini, Otosia mengundang Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) untuk sharing pendapat mengapa uji emisi ini penting bagi lingkungan.

Jangan sampai ketinggalan ya Otolovers!

 

2 dari 2 Halaman

BERI KOMENTAR