HOME » BERITA » PILIH KENDARAAN, PRIORITASKAN HORSEPOWER ATAU TORSI NIH?

Pilih Kendaraan, Prioritaskan Horsepower atau Torsi Nih?

Selasa, 05 September 2017 11:30

Pilih Kendaraan, Prioritaskan Horsepower atau Torsi Nih?
Mesin (foto: Facbooik)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - 2 kriteria utama yang biasanya dipilih masyarakat untuk menentukan kendaraan mana yang akan dibeli, adalah horse power dan torsi. Ketua entitas ini seperti jadi inti serta alasan utama Mengapa kendaraan bisa dibeli maupun tidak dibeli oleh masyarakat.

Dengan adanya beragam macam kendaraan yang punya purpose berbeda masing-masing, sepertinya sudah cukup jelas dan tidak terlalu sulit bagi masyarakat untuk bisa memilah mana kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya. Apakah itu kendaraan torsi besar, maupun kendaraan dengan horsepower yang besar.

Sebelum dijadikan patokan untuk memilih kendaraan, akan lebih baik jikalau otolovers kalian yang awam dan belum mengetahui apa itu horsepower dan torsi, bisa menyimak pengertian singkat berikut ini.

Long story short, yang namanya horsepower adalah satuan untuk menunjukkan berapa kekuatan dari kendaraan tertentu. Sesuai dengan namanya, horse power adalah satu meteran khusus dalam satu kendaraan. Berapa tenaga kuda yang dimiliki pada satu mesin tertentu. Tenaga kuda di sini adalah satu patoka metric yang punya ukuran setara hingga 745 watt.

Horsepower sendiri awalnya merupakan istilah untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan kekuatan tarikan kuda. Karena pada zaman lampau, saat belum ada mobil kebanyakan masyarakat diangkut menggunakan kereta kuda.

Sementara itu di tempat lain, torsi memiliki pengertian sebagai gaya rotasional dari sebuah mesin kendaraan. Sederhananya, torsi adalah sejumlah usaha yang dilakukan oleh satu titik untuk menyentuh kecepatan tertentu dalam waktu tertentu. Sementara usaha itu sendirilah yang disebut dengan horsepower.

Seberapa pentingkah keduanya? Bagi Para pemilik kendaraan bermotor, yang harus dipahami adalah bahwa dua-duanya memiliki peran penting, serta menjadi stakeholder utama untuk menjaga performa kendaraan. Di satu momen, otolovers akan amat membutuhkan horsepower untuk menjaga akselerasi.

Tapi di momen lain, bisa jadi otolovers akan lebih membutuhkan torsi untuk menjaga kestabilan akselerasi tersebut secara konstan.

Lantas kira-kira mana yang lebih harus untuk diprioritaskan? Torsi ataukah horsepower? Otolovers harus memperhatikan apa tujuan dari pembelian satu jenis produk tertentu.

Kalau otolovers merasa bingung, mungkin quote dari Enzo Ferrari bisa dijadikan pegangan. Dimana Enzo mengatakan bahwa "horsepower sells cars, torque win the races".

Gambaran sederhananya bisa ambil contoh ada pada dua produk motor yang punya tujuan berbeda. Misalnya otolovers menginginkan motor dengan kecepatan tinggi dan bisa dipergunakan di jalanan luar kota, maka pilihlah horsepower yang tinggi. Sebaliknya, jika otolovers menginginkan motor yang bisa dipergunakan dalam kota maupun medan menanjak, maka pilihlah motor dengan torsi yang lebih tinggi.

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER