HOME » BERITA » PILIH MANA, MITSUBISHI XPANDER ATAU TOYOTA AVANZA TIGRE?

Pilih Mana, Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza Tigre?

Rabu, 07 Maret 2018 17:56 Editor : Cornelius Candra
Mitsubishi Xpander (Otosia)

OTOSIA.COM - Kehadiran Mitsubishi Xpander sejak tahun lalu membuat heboh pasar MPV di Indonesia. Berdasarkan data penjualan bulan Januari 2017 yang dirilis oleh Gaikindo, mobil seharga Rp200 jutaan ini bahkan mampu menduduki posisi kedua di deretan mobil terlaris.

Pencapaian tersebut diyakini semakin memperkuat nama Xpander sebagai sosok penakluk Toyota Avanza. Keduanya memang berada pada kelas yang sama dengan latar belakang mobil urban dan menyasar segmen keluarga.

Pada gelaran GIIAS 2017, PT Toyota Astra Motor menghadirkan varian baru dari keluarga Avanza, yaitu Veloz Tigre sebagai unit pameran saja dan belum beredar di pasaran. Nama Tigre kembali mencuat sejak munculnya Mitsubishi Xpander. Varian ini sebenarnya merupakan versi kustom dari Avanza Veloz racikanProduct Planning dan Development Division TAM.

Dilihat dari segi dapur pacu, keduanya mengusung kubikasi mesin dan performa yang tak jauh berbeda. Mitsubishi Xpander memiliki mesin berkapasitas 1.499 cc MIVEC DOHC 16-katup yang mampu menghasilkan daya sebesar 103 Hp. Sementara torsinya mencapai 141 Nm.

Sedangkan Toyota Avanza Veloz Tigre memiliki mesin 4-silinder DOHC 1,5 liter. Dapur pacu tersebut mampu mengeluarkan daya maksimum 104 PS/ 6.000 rpm dan torsi yang dihasilkan menembus angka 139 Nm/ 4.200 rpm.

Keduanya menggunakan bensin sebagai bahan bakar. Selain itu, mobil-mobil MPV ini mampu menampung 7 orang sekaligus. Fitur yang disematkan kedua pabrikan itu pun tak jauh berbeda, seperti power window, bagasi, dan sarana keselamatan.

Pembeda antar Toyota Avanza Veloz Tigre vs Mitsubishi Xpander

Meski begitu, ada beberapa fitur yang membedakan keduanya. Mitsubishi Xpander memiliki 5 varian dengan kemampuannya masing-masing, yaitu Exceed A/T, Exceed M/T, GLS M/T, GLX M/T, dan Sport A/T. Dengan banyaknya pilihan tersebut, Xpander ditawarkan dengan harga mulai Rp189 jutaan sampai Rp245 jutaan.

Jika memang Tigre nantinya menggunakan Avanza Veloz sebagai basis, mobil ini akan ditawarkan dalam 3 jenis mesin, 1.3L M/T, 1.5L A/T, dan 1.5 M/T. Berkaca dari banderol Veloz, diperkirakan Tigre akan memiliki harga jual yang berkisar di angka Rp200 jutaan. Sayangnya, Toyota Avanza Tigre hanya diperuntukkan sebagai unit display saja ketika unjuk gigi di GIIAS tahun lalu.

Menilik dari desain yang sudah beredar, Tigre terlihat lebih sporty jika dibandingkan dengan Xpander yang elegan. Kombinasi warna sonic titanium pada body yang berpadu dengan red micha cristal shine di bumper depan kian memunculkan aura tegas. Selain itu, juga terdapat garnish di beberapa bagian yang membuatnya semakin gagah

Sementara itu, Expander dibalut dengan warna yang terkesan elegan dan bersih. Ada 5 pilihan warna yang ditawarkan oleh Mitsubishi, yaitu red metallic, diamond black mica, titanium grey metallic, quartz white pearl, dan sterling silver metallic.

Kalau kamu diminta untuk memilih, mau Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza Tigre?

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR