HOME » BERITA » PILIHAN MOTOR ADVENTURE RETRO BARU, MOTO GUZZI V85TT

Pilihan Motor Adventure Retro Baru, Moto Guzzi V85TT

Terlahir sebagai motor petualang, Moto Guzzi V85TT dibekali dengan windshield, knalpot tinggi layaknya motor trail, dan ban dual-purpose.

Sabtu, 08 September 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Motociclismo.it

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, Royal Enfield secara resmi merilis Himalayan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan kehadiran motor bergaya adventure itu, mereka berani keluar dari zona nyaman. Pasalnya, selama ini, pabrikan yang bermarkas di Chennai, India, tersebut selalu membuat motor retro klasik standar.

Kini, hal itu dilakukan oleh pabrikan asal Italia, Moto Guzzi dengan menghadirkan Moto Guzzi V85TT. Seperti Royal Enfield Himalayan, motor baru ini mengusung konsep adventure retro. Sebenarnya, Moto Guzzi pernah merilis motor sport-touring, yaitu Moto Guzzi Stelvio.

Mengutip dari Motociclismo.it, rencananya, Moto Guzzi V85TT akan melakoni debutnya dalam gelaran EICMA 2018 di Milan, Italia, pada November mendatang. Sebelumnya, model konsep dari motor ini pernah ditujukkan di ajang yang sama tahun 2017 lalu.

Moto Guzzi V85TT menggunakan mesin yang sama dengan milik Moto Guzzi Roamer dan Bobber. Karena itu, motor adventure retro ini memiliki tenaga sebesar 80 hp dengan torsi maksimum 80 Nm yang dihasilkan dari dapur pacu 2-silinder V-twin berkapasitas 853cc. Berdasarkan rancangannya, performa tersebut disalurkan melalui shaft atau gardan ke roda belakang.

Menariknya, mesin 2-silinder V-twin ini berbeda dengan Harley-Davidson. Cylinder-head milik Moto Guzzi justru menyamping atau menyembil pada sisi kanan-kirinya. Karena berada luar rangka, mesin ini tidak cepat panas.

Terlahir sebagai motor petualang, Moto Guzzi V85TT dibekali dengan windshield, knalpot tinggi layaknya motor trail, dan ban dual-purpose. Selain itu, terpasang juga beberapa aksesori khas adventure-bike, seperti pelindung suspensi depan, skid-plate, dan hand-guard.

Berdasarkan sumber yang sama, diperkirakan Moto Guzzi V85TT baru dipasarkan pada awal tahun 2019. Kemungkinan, motor adventure retro ini akan dibanderol sekitar EUR12.000 yang setara dengan Rp207 jutaan (Kurs EUR1 = Rp17.327).

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR