HOME » BERITA » PILIHLAH SARUNG MOBIL YANG BERKUALITAS BAIK, JIKA TAK INGIN CAT MOBIL RUSAK

Pilihlah Sarung Mobil yang Berkualitas Baik, Jika Tak Ingin Cat Mobil Rusak

Pemilihan sarung atau cover mobil ternyata tak boleh sembarangan, karena akan berdampak pada cat mobil. Begini penjelasannya.

Selasa, 24 April 2018 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by Blackxperience

OTOSIA.COM - Sarung mobil atau cover mobil, ternyata memiliki dampak yang cukup besar bagi bodi mobil. Padahal, memasang sarung mobil atau cover mobil tujuannya untuk melindungi bodi mobil.

Maka itu, pemilik mobil sepertinya harus lebih selektif untuk memilih sarung atau cover mobil ini. Teknisi poles Auto Glaze Express, Saryanto menjelaskan, jika sarung mobil berbahan tipis, hal ini bisa mengakibatkan bahan kimia di cat mobil keluar. Terlebih untuk warna-warna tertentu.

"Kalau cat mobilnya warna putih, silver atau merah, nanti bisa menjadi ada bercak kuning-kuning dan itu nggak akan bisa dihilangkan. Apalagi di warna putih paling terlihat," jelas Aki, sapaan akrabnya, kepada Liputan6.com.

Jika bercak tersebut ada, salah satu untuk menghilangkannya yakni dengan body repair yang memakan biaya hingga di atas Rp 2 juta.

"Itu enggak akan bisa hilang karena kan kotoran dari dalam bukan dari luar. Kalau mau menghilangkan harus body repair dan itu kan satu mobil. Satu panel saja biasanya kisaran Rp 300-400 ribuan. Ya, bisa Rp 2 juta lebih habisnya," rincinya.

Maka itu, Ia menyarankan bahwa sebaiknya pemilik mobil memakai sarung yang terbilang mahal untuk melindungi mobil, jika menginginkan cat atau hasil poles mobil bertahan lama.

"Boleh-boleh saja disarungin. Tapi pakai sarung, kalau bisa harus yang mahal, karena pengaruh dari bahan," katanya.

Menurutnya, jika sarung yang biasa-biasa saja akan menghasilkan kelembaban.

"Di dalamnya itu bisa lembab, apalagi kalau kehujanan, biar nggak kena hujan tapi lembab di dalamnya karena bahannya kayak plastik," tambah Aki.

Aki mengatakan sarung yang mahal tersebut harganya kisaran di atas Rp 800 ribu. Bahkan menurutnya, di toko perlengkapan seperti Ace Hardware, harganya bisa Rp 1,5 juta. Sedangkan di Pasar Mobil Kemayoran kisaran Rp 800 ribu - Rp 900 ribu.

"Kalau di atas Rp 800 ribu, di dalam sarung ada parasitnya. Lebih oberat dan lebih tebal memang, dia nggak akan lembab dan bisa menyerap panas atau lembab di dalamnya," ujarnya.

Jadi, meskipun otolovers mungkin harus merogoh kocek cukup dalam tapi bisa mendapatkan hasil yang sebanding. Supaya cat mobil tidak mudah rusak dan tak menambah biaya perawatan lagi.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR