HOME » BERITA » PINDAD SEBUT MAUNG AKAN PUNYA VARIAN BARU PADA TAHUN 2021

Pindad Sebut Maung Akan Punya Varian Baru pada Tahun 2021

Maung Pindad juga bisa dimiliki oleh warga sipil. Baru-baru ini, Pindad mengatakan bahwa Maung akan mendapatkan peningkatan dan varian baru pada tahun ini.

Sabtu, 06 Maret 2021 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pindad Sebut Maung Akan Punya Varian Baru pada Tahun 2021
Maung Pindad (Dok. PT Pindad)

OTOSIA.COM - Kendaraan taktis 4x4 buatan PT Pindad (Persero), Maung diluncurkan pada pertengahan 2020 lalu. Perlahan tapi pasti, Maung mulai dikenal publik. Maung Pindad ini pun tak hanya diproduksi sebagai kendaraan militer.

Warga sipil boleh memilikinya, hanya saja sepertinya harus sabar menunggu antrean untuk bisa memilikinya. Pekan lalu, melalui akun resmi Instagram Pindad @pt_pindad, ada kabar baru soal SUV ini.

Pindad menuliskan bahwa Maung akan mendapatkan peningkatan dan varian baru di tahun ini. Belum diketahui maksud peningkatan pada fitur bagian mana yang akan didapatkan Maung.

"Tahun 2021 akan ada upgrade dan varian baru yang akan menambah pilihan solusi yang bisa Maung tawarkan. Tunggu updatenya!" begitu tertulis.

1 dari 3 Halaman

Tangkapan layar video Maung Pindad (Instagram/pt_pindad)

Kabar itu disampaikan bersaman dengan unggahan video yang sedikit menunjukkan sesuatu yang berbeda dari Maung. Pada video itu terlihat ada beberapa warna baru Maung.

Sementara itu, Maung versi saat ini menggunakan mesin 2.400cc dengan sistem penggeral empat roda (4WD). Maung juga dibekali dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, dan perangkat GPS.

Mengutip catatan Pindad, kelebihan utama Maung adalah mampu menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas ruas jalan aspal. Meskipun begitu, Maung tetap prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik.

2 dari 3 Halaman

Maung juga mampu bergerak taktis dengan memperhatikan aspek kenyamanan. Pengujian pada Medan datar meliputi beberapa indikator, yakni kecepatan, percepatan, manuver putar, manuver angka 8, pengereman, dan tak lupa aspek keamanan.

Tak hanya itu, Maung juga dapat menjadi varian kendaraan tanpa pintu dalam waktu singkat. Begitu pula pada saat pemasangan kembali yang dapat dilakukan secara cepat.

Setelah Maung diuji di medan on road, kemudian medan sulit off-road jadi tantangan berikutnya. Jalur yang ditrabas kendaraan ini, yakni jalur berbatu kecil, jalur berbatu besar, tanjakan curam, jalan berlumpur dan dataran licin, hingga sungai dangkal.

3 dari 3 Halaman

BERI KOMENTAR