HOME » BERITA » PLASTIK AKAN MENGGANTIKAN ASPAL, MUNGKIN TIDAK YA?

Plastik Akan Menggantikan Aspal, Mungkin Tidak ya?

Senin, 17 April 2017 15:48

Plastik Akan Menggantikan Aspal, Mungkin Tidak ya?
Jalanan Plastik (foto: Plasticroad)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sebagian besar, bahkan pada umumnya jalanan di seluruh dunia masih menggunakan bahan utama aspal. Aspal sendiri dalam beberapa dekade belakangan masih belum tergantikan sebagai bahan terbaik untuk membangun jalan dalam berbagai skala.

Namun jika dipikir lebih jauh lagi, penggunaan aspal bisa saja digantikan menggunakan bahan lain jika ada alternatif bahan yang lebih baik atau jika aspal sendiri tak lagi efektif menahan beban yang lebih berat. Atau jikala aspal ternyata memiliki proses maintenance yang lebih ruwet.

Jalanan yang dimaksud adalah jalanan yang menggunakan hasil daur ulang dari bahan-bahan plastik. Plastik yang awalnya dikumpulkan kemudian akan diproses menjadi padat menggunakan compressor bermekanisme panas, setelahnya akan dibentuk seperti kubik-kubik padat.

Positifnya adalah bahwa video yang diunggah oleh Tech Today tersebut menunjukkan bahwa bahan plastik akan lebih kuat daripada bahan aspal. Selain itu, keberadaan celah lowong di bagian bawah plastik akan memungkinkan penggunaan kabel fiber dan pipa air.

Kabarnya mekanisme jalanan menggunakan plastik ini sudah dipergunakan di Belanda, dan akan dicoba di beberapa kota seperti Arnhem dan Amsterdam. Menurut Otolovers, yang seperti ini bisa dipergunakan di Indonesia juga tidak ya?

 (kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER