HOME » BERITA » PLN KLAIM PERJALANAN PAKAI MOBIL LISTRIK JAKARTA-DENPASAR CUMA BUTUH RP200 RIBU

PLN Klaim Perjalanan Pakai Mobil Listrik Jakarta-Denpasar Cuma Butuh Rp200 Ribu

Penggunaan mobil listrik disebut akan lebih murah, karena tidak membutuhkan perawatan yang kompleks seperti mobil pembakaran internal atau berbahan bakar minyak.

Selasa, 02 Februari 2021 14:45 Editor : Dini Arining Tyas
PLN Klaim Perjalanan Pakai Mobil Listrik Jakarta-Denpasar Cuma Butuh Rp200 Ribu
Hyundai Ioniq listrik (Hyundai)

OTOSIA.COM - Mobil listrik memiliki biaya perawatan yang lebih murah, meskipun harga belinya yang masih tinggi. Direktur Mega proyek PT PLN, Muhammad Ikhsan Asaad mengatakan bahwa pengisian daya mobil listrik juga lebih efisien daripada menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Mobil dengan BBM membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 10 Km, sedangkan jika menggunakan mobil listrik dengan 5 kWh bisa menempuh jarak hingga 50 Km.

"Ini sudah kami buktikan dari Jakarta ke Denpasar itu menggunakan mobil listrik biaya listriknya Rp200.000-an. Sementara kalau menggunakan kendaraan ICE (mobil dengan BBM) kurang lebih Rp1,2 juta. Perbandingannya lebih efisien," jelas Ikhsan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI pada Senin (1/2/2021).

1 dari 1 Halaman

Kendati demikian, dia mengaku bahwa belanja modal (capex) atas mobil listrik masih dirasa jauh lebih mahal dibandingkan mobil BBM. Masih terdapat pajak-pajak yang cukup tinggi untuk memiliki mobil listrik.

PLN, kata Ikhsan, sudah melakukan sejumlah langkah untuk mendukung industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL BB) tersebut. Salah satunya bekerja sama dengan beberapa perusahaan swasta untuk pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

PLN saat ini memiliki 30 SPKLU yang tersebar di 22 lokasi di berbagai kota di Indonesia. "Kami memang mendorong supaya lebih banyak lagi yang mengisi daya di rumah, dan untuk itu kami memberikan beberapa insentif. Kalau mengisi baterai di rumah jam 10 malam sampai 5 pagi kita kasih insentif diskon 30 persen," tuturnya.

Selain itu, PLN juga bekerja sama dengan dealer mobil listrik untuk membantu pembeli yang ingin menambah daya listrik.

Sumber: Merdeka.com/Liputan6.com

BERI KOMENTAR