HOME » BERITA » PLUS DAN MINUS PENGGUNAAN PERTAMAX TURBO

Plus dan Minus Penggunaan Pertamax Turbo

Selasa, 04 April 2017 19:00

Plus dan Minus Penggunaan Pertamax Turbo
Ilustrasi Pertamax Turbo by
Editor : Nurrohman Sidiq | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Pada tahun 2016, PT. Pertamina resmi mengeluarkan senjata terbarunya, yaitu Pertamax turbo. Bisa dibilang Pertamax turbo adalah bensin high-end Indonesia, meski begitu, harganya masih kurang bersahabat dengan pasar Tanah Air dan dikhususkan untuk kebndaraan berkompresi tinggi.

Pertamax Turbo tidak mau kalah dari pertamax sebelumnya. Dengan RON sebanyak 98, bahan bakar ini sanggup memenuhi kebutuhan mesin dengan rasio kompresi di atas 12:1. BBM ini meurpakan bahan bakar "monster" yang bisa menaikan efisiensi mobil maupun motor berspesifikasi wahid.

Efek yang dirasakan saat menggunakan BBM ini adalah tarikannya yang sangat ringan (meski tidak dirasakan secara signifikan). Tarikan mesin bisa terasa mulai dari kecepatan rendah sampai tinggi. Selain itu, juga akan menunjang suara kendaraan agar lebih padat dan keras.

Meski begitu, kendaraan dengan kompresi di atas 12:1 tidak banyak di Indonesia, ada pun hanya sampai 10:1. Namun, ada beberapa model yang tingkat kompresi mesinnya mencapai 1:12, yakni Alphard 3.5, Lexus 460 dan Lexus 570.

Jika Anda memiliki kendaraan dengan kompresi di bawah 12:1, hendaknya jangan diisi oleh BBM yang kadar RON-nya lebih tinggi, sebab kemungkinan mesin sulit menyala. Selain itu, jika kendaraan dengan kompresi mesin yang rendah dan diisi bensin  RON tinggi, yang terjadi adalah "pemborosan". Pemborosan, karena bahan bakar tidak terbakar optimal, tenaga minimal dan rentan menimbulkan polusi.

Bahan bakar dengan RON rendah lebih mudah menguap dan terbakar daripada RON tinggi. Mesin dengan rasio kompresi rendah, lebih baik menggunakan bensin dengan RON rendah. Apabila mesin dengan RON rendah diisi dengan bensin RON tinggi, proses pembakaran tidak akan berkerja dengan baik dan menghasilkan tenaga yang sangat rendah (lost power).

Tetapi ada pengecualian. Jika mobil atau motor Anda dilengkapi dengan sistem Direct Injection dan Turbocharger/Supercharger, maka Anda masih bisa menggunakan Pertamax turbo, karena sistem direct injection dapat mempermulus sistem pembakaran mesin.

Apabila Anda pengguna mobil atau motor dengan kompresi 10:1 atau di bawahnya, Anda cukup menggunakan BBM dengan RON yang lebih rendah, seperti: Pertamax, Pertalite, dll. Karena pada umumnya, BBM Pertamax turbo dikhususkan untuk yang berpergian dari kota ke kota dan untuk para pembalap nasional ataupun international.

Pertamax Turbo dibanderol dengan harga sekitar Rp. 8,700, tidak jauh berbeda dengan harga pertamax plus.

 (kpl/nic/sdi)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER