HOME » BERITA » POLISI INGATKAN PENGEMUDI TESLA AGAR TIDAK TIDUR SAAT BERKENDARA

Polisi Ingatkan Pengemudi Tesla Agar Tidak Tidur saat Berkendara

Beberapa kali pengemudi mobil terlihat tertidur di balik kemudi. Mobil tetap melaju dengan kecepatan tinggi karena menggunakan fitur autopilot. Hal itu dinilai merupakan tindakan yang berbahaya.

Sabtu, 09 Januari 2021 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Polisi Ingatkan Pengemudi Tesla Agar Tidak Tidur saat Berkendara
Tesla Model Y (Carbuzz)

OTOSIA.COM - Mobil yang dibekali dengan sistem otonom terdengar menarik karena mempermudah tugas mengemudi. Tapi bukan tidak mungkin sistem otonom itu juga bisa mendatangkan bencana.

Itu bisa terjadi jika seseorang yang terlalu percaya dan menganggap jika sistem tersebut diaktifkan maka dirinya bisa melakukan aktivitas lain seperti tidur contohnya. Sudah sering pengemudi Tesla contohnya, terpergok tidur di balik kemudi sementara mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Memang, sistem otonom, seperti Autopilot Tesla bisa mendeteksi bahaya dan berhenti secara otonom pula. Tapi sistem tersebut juga masih perlu diawasi. Beberapa kasus kecelakaan menyebabkan dampak fatal.

1 dari 3 Halaman

Dilansir dari Carbuzz, di Jerman, Tesla bajkan sudah dilarang mengiklankan sistem Autopilot setelah pengadilan memutuskan bahwa nama tersebut menyesatkan. Di South Brunswick, New Jersey, seorang perempuan 34 tahun kehilangan kendali atas Tesla Model Y miliknya dan menabrak tiang sementara dia tertidur di balik kemudi.

Kabar baiknya, tidak ada yang terluka atau tewas dalam kecelakaan itu. Tapi crossover listrik itu benar-benar rusak.

"Harap selalu ingat untuk tetap terjaga saat mengendarai @Tesla," cuit polisi melalui Twitter.

"Pengemudi ini tertidur dan menabrak tiang listrik di Dey Road. Tidak ada yang terluka tapi mobilnya hancur. #StayAlert," lanjutnya.

2 dari 3 Halaman

3 dari 3 Halaman

Jangan Terlalu Percaya

Polisi New Jersey melaporkan bahwa perempuan itu mengemud di jalur barat Dey Road sekitar pukul 9 pagi. Lalu dia menyeberang ke jalur timur ketika mendekatai sebuah tikungan.

Tesla Model Y yang dia tumpangi kemudian menabrak tiang di jalan pedesaan. Ban kanan depan robek sebelum crossover listrik itu berhenti di ladang jagung terdekat.

Tidak diketahui apakah Autopilot diaktifkan, tetapi tertidur di belakang kemudi bukanlah ide yang baik.

"Kelelahan pengemudi adalah masalah yang signifikan, apa pun jenis kendaraan yang Ana miliki. Statistik menunjukkan bahwa Anda tiga kali lebih mungkin mengalami kecelakaan jika Anda lelah. Jangan biarkan jenis kendaraan yang Anda kendarai membuat Anda percaya bahwa tidak apa-apa untuk mengemudi saat kelelahan," kata Chief Raymond Hayducka.

BERI KOMENTAR