HOME » BERITA » POLISI: MOBIL LISTRIK BEBAS GANJIL GENAP

Polisi: Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap

Polda Metro Jaya menegaskan bahwa mobil listrik di Jakarta tak terdampak aturan ganjil genap.

Selasa, 10 September 2019 21:45 Editor : Cornelius Candra
Polisi: Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap
Mobil listrik BMW i3S (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Polda Metro Jaya kini memperluas daerah yang menggunakan sistem ganjil genap guna mengurai kemacetan. Total telah ada 25 ruas jalan di Jakarta yang menerapkan aturan tersebut.

Jumlah tersebut lebih banyak dibanding saat pagi hari yakni 941 kendaraan. Polisi memastikan aturan ganjil-genap itu tak berlaku bagi kendaraan listrik.

"Iya pengecualian, tapi kan kendaraan listrik baru beberapa aja nih diuji coba, tapi untuk dijual secara ini belom ada kan," kata Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir di Mapolda Metro Jaya, Selasa (10/9).

Dia menjelaskan, pemerintah menerapkan kebijakan pemilik kendaraan listrik terbebas aturan ganjil-genap agar masyarakat dapat beralih menggunakan kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan.

1 dari 1 Halaman

Pindah ke Mobil Listrik

Polisi: Mobil Listrik Bebas Ganjil GenapPindah ke Mobil Listrik

Sebab, Indonesia salah satu negara yang mengonsumsi bahan bakar fosil terbesar. Sehingga, diharapkan kebijakan ini mendorong masyarakat beralih ke energi listrik.

Ya memang didorong oleh negara-negara Eropa itu kan emisi menggunakan listrik. Nah di indonesia ini sebagai negara konsumsi terbesar dalam kendaraan bermotor ini diharapkan bisa beralih ke kendaraan listrik, ungkapnya dalam Liputan6.com.

Seperti diketahui, aturan ganjil-genap diberlakukan pada Senin sampai Jumat, kecuali hari libur, pada pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB. Dia menyatakan uji coba tersebut hanya dilakukan pada koridor tambahan saja.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya mulai sosialisasi kebijakan ganjil genap di 25 ruas jalan di Jakarta. Dan berikut 25 ruas jalan yang diberlakukan aturan ganjil genap.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR