HOME » BERITA » PORSCHE HADIRKAN MOBIL RINGAN DENGAN SENSASI MOBIL BALAP

Porsche Hadirkan Mobil Ringan dengan Sensasi Mobil Balap

Hampir dua minggu setelah kemunculan Porsche 718 8, kini giliran 718 Cayman GT4 Clubsport terbaru yang diperkenalkan oleh Porsche.

Minggu, 06 Januari 2019 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - Hampir dua minggu setelah kemunculan Porsche 718 8, kini giliran 718 Cayman GT4 Clubsport terbaru yang diperkenalkan oleh Porsche.

Dilansir dari Carscoops.com, mobil ini dirancang untuk menggantikan Cayman GT4 Clubsport yang sudah ada sebelumnya. Model 718 ini memiliki mesin enam silinder 3,8 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 419 hp (313 kW / 425 PS) serta torsi 313 lb-ft (425 Nm).

Tenaga tersebut terhubung ke transmisi PDK enam percepatan yang dilengkapi dengan flywheel bermassa ganda yang telah diperkuat serta unit kontrol elektronik atau ECU yang telah dioptimalkan untuk kebutuhan balap.

Selain performa mesin yang ditingkatkan, 718 Cayman GT4 Clubsport adalah mobil balap produksi pertama yang menggunakan bahan alami, yaitu pintu dan sayap belakang yang dibangun dari bahan komposit serat alami yang bersumber utama dari produk sampingan pertanian. Pihak Porsche juga mengatakan, bahwa komponen yang dihasilkan diklaim memiliki bobot dan ketebalan yang serupa dengan serat karbon.


Dampak dari langkah-langkah penghematan tersebut, mobil mampu €˜diet€™ hingga 1.320 kg. Tentunya, untuk mencapai angka tersebut, pada bagian interior mobil ini telah dilucuti dari segala peralatan dan aksesori yang tidak penting. Sebagai gantinya, mobil ini telah dilengkapi oleh roll cage serta satu bucket seat dengan sabuk pengaman enam titik.

GT4 Clubsport diciptakan untuk menawarkan performa berkendara yang lebih baik serta catatan waktu yang lebih cepat, maka mobil ini telah dilengkapi oleh strutbar pegas pada bagian depan yang dinilai cukup ringan yang diambil dari 911 GT3 Cup. Selain itu juga dilengkapi oleh LSD mekanis serta sistem pengereman mobil balap yang memiliki cakram berbahan dasar baja setebal 15 inci (380 mm) di keempat sudutnya.


Hadir juga dengan dua versi berbeda yang akan tersedia. Entry level dari mobil ini adalah varian €œTrackday€ yang dibanderol dengan harga ' 134.000. Mobil ini memang dirancang untuk memikat para amatir yang ingin merasakan sensasi berkendara di lintasan.

Selain itu, dilengkapi dengan shock absorbers biasa, sistem pendingin udara, serta rem ABS dan ESC (Electronic Stability Control). Hal lainnya yaitu dilengkapi oleh pemadam api portabel dan bahan bakar 21,1 galon atau sekitar 80 liter.

Sementara itu, untuk konsumen yang sudah berpengalaman dalam balapan, mereka dapat memilih varian kompetisi yang dibanderol dengan harga '157.000. Untuk mobil ini, memang disiapkan untuk dipacu di lintasan balap. Dilengkapi dengan shock absorbers yang dapat disetel tiga arah, sistem dongkrak udara yang terintegrasi otomatis, serta sistem keseimbangan rem yang memungkinkan keseimbangan bias.


Konsumen juga akan mendapatkan sistem pemadam kebakaran otomatis, kemudi yang dapat dilepas pasang secara cepat, serta tangki bahan bakar yang lebih besar sekitar 115 liter.

Kedua versi 718 Cayman GT4 Clubsport tersebut sudah dapat dipesan dari sekarang serta pengiriman pertamanya dijadwalkan akan dimulai pada bulan Februari.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR