HOME » BERITA » POTRET 5 MOBIL MEWAH YANG DISULAP JADI MOBIL BALAP

Potret 5 Mobil Mewah yang Disulap Jadi Mobil Balap

Beberapa mobil balap bukan dibuat murni sebagai mobil balap. Ada pula mobil penumpang atau passenger car yang diubah menjadi mobil balap dan ikut berkompetisi di kejuaraan balap mobil.

Selasa, 15 Juni 2021 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Potret 5 Mobil Mewah yang Disulap Jadi Mobil Balap
Mobil mewah yang diubah jadi mobil balap (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Segmen motorsport menjadi salah satu turunan industri otomotif. Beberapa pabrikan mobil pun memiliki divisi khusus untuk menangani segmen ini dan menghasilkan mobil balap.

Segemen motorsport ini pun menjadi salah satu penopang untuk ajang pembuktian betapa hebatnya sebuah produk tersebut. Menariknya, segmen mobil balap tersebut tidak hanya didominasi oleh passenger car biasa, tetapi, ada juga yang menggunakan merek mobil mewah untuk dijadikan mobil balap.

Tidak tanggung-tanggung, sekelas Bentley pun juga disulap menjadi mobil yang siap berkompetisi di ajang balap. Dari beberapa brand mobil mewah, setidaknya ada 5 pabrikan yang menurunkan mobilnya sebagai mobil balap. Tentunya, turunnya mobil mewah ini menarik perhatian lantaran dari sisi harga serta development mobil sangat menguras kantong.

Eksistensi brand mobil mewah ini juga tidak hanya bermain di satu kejuaraan. Tetapi, banyak kejuaraan yang menggunakan mobil-mobil mewah ini untuk unjuk kebolehan dalam kompetisi kejuaraan.

1 dari 5 Halaman

1. Bentley Continental GT3

Mobil ini ditenagai dengan mesin V8 berkubikasi 4.0 liter dengan dukungan twin-turbo. Bicara mengenai tenaga yang dihasilkan, Bentley Continental GT3 mampu menyemburkan tenaga sebesar 750 hp dan 1.000 Nm.

Lantaran tenaga yang begitu buas, mobil balap ini juga sudah disokong dengan beberapa fitur safety unggulan berupa roll bar, pengereman sampai fitur keselamatan lainnya.

Bentley Continental GT3 ini salah satunya digunakan untuk balap Pikes Peak Hill Climb International.

2 dari 5 Halaman

2. Lexus RC F GT3

Tidak hanya mobil lansiran Inggris seperti Bentley yang turun di ajang motorsport, tetapi, pabrikan mobil mewah asal Jepang, Lexus, juga ikut ambil bagian dalam kejuaraan dunia.

Adapun mobil mewah yang diturunkan adalah Lexus RC F, di mana mobil ini sudah disesuaikan dengan homologasi FIA sebagai induk motorsport dunia yang mengatur tentang regulasi mobil balap.

Menilik spesifikasinya, Lexus RC F GT3 ini menggendong mesin V8 berkubikasi 5.4 liter dengan semburan tenaga lebih dari 500 hp. Sama seperti mobil balap lainnya, peranti yang dibenamkan, juga sudah meliputi aspek keselamatan tingkat dunia.

 

3 dari 5 Halaman

3. Audi R8 LMS GT3

Pabrikan lain yang juga fokus pada dunia motorsport adalah Audi. Mereka memiliki model yang dijagokan untuk turun di ajang kompetisi, yakni Audi R8.

Audi R8 LMS GT3, sudah dipersiapkan untuk ajang World GT Endurance Championship yang menjadi ajang ketahanan. Dalam balap tersebut, mobil balap brand mewah ini harus siap disiksa dalam beberapa waktu tanpa henti.

Melihat spesifikasinya, Audi R8 LMS GT3 ini dibekali dengan mesin V10 berkubikasi 5.2 liter dengan semburan tenaga sebesar 585 hp dan torsi maksimum lebih dari 550 Nm.

4 dari 5 Halaman

4. Aston Martin Vantage AMR GT3

Sama seperti Bentley, pabrikan asal Inggris yang satu ini juga tidak mau kalah. Aston Martin, yang dikenal lewat film James Bond, ternyata juga digunakan untuk mobil balap.

Adapun model yang dijadikan alat tempur adalah Aston Martin Vantage yang sudah dibekali dengan berbagai macam settingan mumpuni.

Untuk bisa tampil beringas, Aston Martin Vantage AMR GT3 ini dibekali dengan mesin V12 berkubikasi 6.0 liter. Bicara mengenai tenaga yang diproduksi, mobil ini mampu menyemburkan 500 tk dan 600 Nm. Aston Martin Vantage GT3 diturunkan untuk ajang balap British GT Championship.

5 dari 5 Halaman

5. Honda NSX GT500

Selain Lexus, pabrikan otomotif Jepang lain yang juga menurunkan mobil mewahnya adalah Honda. Dalam ajang Super GT Series yang diselenggarakan di Jepang, Honda, punya amunisi NSX GT500. Model ini memang lebih menyasar segmen mobil balap. Hal tersebut terlihat dari lekukan bodi yang begitu aerodinamis.

Mengenai spesifikasinga, Honda NSX GT500 mengusung mesin empat ailinder segaris dengan tambahab turbocharger yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 648 hp. Untuk memberikan bobot yang maksimal, mobil ini mengadopsi carbon fiber monocoque.

Reporter: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR