HOME » BERITA » POTRET KEKAR TRUK REO, ANDALAN PARA TENTARA DI MEDAN PEPERANGAN

Potret Kekar Truk Reo, Andalan Para Tentara di Medan Peperangan

Begini potret dan sejarah dari truk reo

Sabtu, 25 Juli 2020 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Potret Kekar Truk Reo, Andalan Para Tentara di Medan Peperangan
Truk Reo (Facebook/KELUARGA BESAR CORPS BRIMOB PELOPOR)

OTOSIA.COM - Truk menjadi andalan para tentara saat bertugas. Bukan hanya untuk keperluan mengangkut personel, tetapi juga logistik, serta senjata-senjata dalam peperangan.

Begitu pula yang diperlukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satu truk andalan yang kerap kali digunakan adalah Truk Reo atau M35.

Seperti apa sejarah panjang dari truk ini hingga menjadi salah satu kendaraan andalan angkatan bersenjata di Indonesia? Berikut ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 6 Halaman

1. Digunakan juga oleh Brimob

Sumber: Facebook

Ternyata Truk Reo juga dipercaya mengemban tugas dari berbagai angkatan bersenjata, di antaranya TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Brimob Polri.

2 dari 6 Halaman

2. Mulai masuk Indonesia di era 70-an

Sumber: Facebook

Dalam sejarahnya, Truk M35 mulai masuk Indonesia pada tahun 1970. Kendaraan tersebut merupakan unit bekas militer AS yang digunakan saat perang Vietnam.

3 dari 6 Halaman

3. Truk asal Amerika

Sumber: Facebook

Awal mulanya, Truk M35 ini diproduksi oleh REO (Ransom Eli Olds) Motor Company Mobile yang berada di Michigan, Amerika Serikat pada 1949.

4 dari 6 Halaman

4. Diproduksi oleh banyak pabrikan

Sumber: Instagram

Namun dalam perkembangannya, truk ini diproduksi oleh berbagai pabrikan, seperti REO Motor Company, Kaiser, AM General, Ssangyong-KIA, dan Bombardier (Kanada).

5 dari 6 Halaman

5. Menggunakan mesin Multifuel

Sumber: Facebook

Trus Reo memang dikhususkan untuk segala medan. Apalagi kendaraan ini menggunakan mesin multifuel yang bisa menenggak solar, bensin, minyak tanah, dan bahan bakar jet.

6 dari 6 Halaman

6. Digunakan dalam banyak operasi militer

Sumber: Facebook

Di Indonesia Truk Reo atau M35 sudah kerap kali digunakan dalam berbagai operasi militer, seperti Operasi Seroja hingga GAM di Aceh.

BERI KOMENTAR