HOME » BERITA » PPKM DIPERPANJANG, KETAHUI KAPASITAS PENUMPANG KENDARAAN DI WILAYAH LEVEL 2,3, DAN 4

PPKM Diperpanjang, Ketahui Kapasitas Penumpang Kendaraan di Wilayah Level 2,3, dan 4

Ini aturan lengkap kapasitas penumpang kendaraan selama PPKM di wilayah Level 2, 3, dan 4

Rabu, 04 Agustus 2021 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
PPKM Diperpanjang, Ketahui Kapasitas Penumpang Kendaraan di Wilayah Level 2,3, dan 4
Ilustrasi penyekatan PPKM (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dari 3 Agustus hingga 9 Agustus 2021. Dengan aturan ini, mobilitas masyarakat masih dibatasi hingga satu minggu ke depan.

Salah satu aturan turunan dari kebijakan PPKM adalah dibatasinya kapasitas penumpang kendaraan. Berdasarkan Inmendagri No. 27 Tahun 2021 yang dilansir dari postingan akun Instagram @divisihumaspolri pada Rabu (4/8/2021), pembatasan penumpang dibagi atas tiga ketentuan.

1 dari 4 Halaman

Untuk wilayah yang termasuk dalam Level 4, penumpang kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional/online dan kendaraan sewa/rental) dibatasi hanya 50% saja. Dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kemudian untuk wilayah Level 3, penumpang kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional/online dan kendaraan sewa/rental) dibatasi hanya 70%. Tentunya harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat pula.

Sementara itu, bagi wilayah Level 2 penumpang kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional/online dan kendaraan sewa/rental) tak dibatasi sama sekali alias 100%. Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

2 dari 4 Halaman

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 berlajut dari 3 hingga 9 Agustus 2021. Hal ini disampaikan Jokowi dalam tayangan akun YouTube Sekretariat Presiden.

"Dengan mempertimbangkan pada beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 hingga 9 Agusuts 2021 di beberapa kabupaten/kota tertentu," kata Jokowi yang dikutip dari Liputan6.com, Rabu (4/8/2021).

3 dari 4 Halaman

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya bakal ada penyesuaaian aktivitas maupun mobilitas seusai masing-masing daerah.

"Hal-hal teknis akan dijelaskan oleh menteri terkait," kata Jokowi.

4 dari 4 Halaman

Jokowi pun mengingatkan meski ada perbaikan dalam penanganan Corona, kasus COVID-19 masih sangat dinamis dan fluktuatif. Karena itu ia mengingatkan bahwa perlu kewaspadaan dalam upaya mengendalikan kasus COVID-19.

"Sekali lagi kita harus tetap waspada dalam melakukan upaya untuk mengendalikan kasus COVID-19," katanya dalam pengumuman kelanjutan PPKM Level 4.

BERI KOMENTAR