HOME » BERITA » PREDIKSI PELUANG HONDA CIVIC TURBO TERBARU DI PASAR MOBIL INDONESIA

Prediksi Peluang Honda Civic Turbo Terbaru di Pasar Mobil Indonesia

Minimnya ubahan dan harga naik menjadi setengah miliaran, mampukah Honda Civic tetap mempertahankan gelarnya sebagai sedan terlaris di Indonesia?

Jum'at, 22 Februari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Honda Civic 2019 (Honda Jepang)

OTOSIA.COM - Kamis kemarin (21/2), PT Honda Prospect Motor merilis penyegaran Honda Civic Turbo. Mobil sedan itu terlihat lebih aerodinamis dengan penyematan bumper dan velg baru serta penambahan garnish krom pada LED foglamp.

Interiornya pun turut mendapat ubahan minor berupa motif jok baru dan 4-Way Front Passenger Power Seat Adjuster. Honda Civic Turbo kini juga dilengkapi Auto Dimming Rear View Mirror, head-unit, dan tampilan MID baru.

Dengan berbagai ubahan tersebut, harga Honda Civic Turbo mengalami peningkatan sebesar Rp9 jutaan, dari RpRp497,5 juta menjadi Rp507 juta. Selain itu, ada tambahan biaya Rp2 juta untuk pemesanan warna Metallic dan Pearl.

Lantas, dengan ubahan yang minim dan peningkatan harga menjadi setengah miliaran, apakah Honda Civic Turbo nantinya mampu bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Jika dilihat dari sejarahnya, Honda Civic merupakan penguasa di segmen sedan Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan mobil ini secara wholesale (dari pabrik ke dealer) mencapai 2.250 unit sepanjang 2018 lalu.

Padahal, di kisaran harga setengah miliaran ada beberapa alternatif mobil sedan lain dengan mesin yang lebih besar, sebut saja Toyota Corolla Altis 1,8 liter Rp439-474 jutaan dan Mazda 6 2,5 liter Rp554-650 jutaan.

Hanya saja, mesin 4-silinder inline DOHC VTEC 1,5 liter turbocharger Honda Civic mampu menyemburkan tenaga sebesar 170 hp. Angka tersebut mendekati daya jantung penggerak 2,5 liter naturally-aspirated Mazda 6, mencapai 187 hp dan melampaui dapur pacu 1,8 liter Toyota Corolla Altis yang hanya 149 hp.

Dengan performa dan berbagai kelebihannya di segi desain, eksterior, interior, dan fitur, kemungkinan Honda Civic Turbo akan tetap menguasai segmen mobil sedan, khususnya mesin 1,5 liter di Indonesia sepanjang 2019 ini.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR