HOME » BERITA » PREDIKSI POTENSI PASAR SEPEDA MOTOR DI TENGAH TAHUN POLITIK

Prediksi Potensi Pasar Sepeda Motor di Tengah Tahun Politik

Jum'at, 23 November 2018 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi industri otomotif roda dua (AHM)

OTOSIA.COM - Pemilihan Umum Presiden RI yang dihelat tahun depan tentu diharapkan berjalan secara damai. Namun tahun politik ini tak dipungkiri akan tetap memiliki efek untuk sektor perindustrian, termasuk otomotif roda dua.

Direktur Keuangan PT Astra Honda Motor (AHM), Erix Sadikin, mengakui bahwa tahun politik memang menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi faktor lain seperti pergerakan nilai mata uang, pertumbuhan komoditas, dan pertumbuhan ekonomi juga bisa mempengaruhi.

"Ibaratnya, tahun politik itu menjadi tahun yang panas. Konsumen merasa tidak aman untuk bisnis dan transaksi (barang mahal) pasti mereka menunda untuk pembelian motor sampai kondisi kondusif," jelas Erix di workshop wartawan industri Astra International, di FX, Senayan, Jakarta Pusat, yang dikutip dari Liputan6.com.

Erix melanjutkan, meskipun menjadi tahun politik, namun jika sepanjang 2019 berjalan lancar, baik pemilihan presiden dan wakil presiden, penjualan motor akan tetap stabil.

"Seperti Pilkada serentak kemarin yang berjalan lancar, otomatis konsumen juga tidak melakukan penundaan pembelian," tegasnya.

Namun demikian, penjualan sepeda motor tahun depan diperkirakan bakal stabil. Tak akan jauh beda dengan angka yang tercatat pada tahun ini, sekitar 6,2 sampai 6,3 juta unit.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR