HOME » BERITA » PRODUKSI ECOSPORT DI INDIA, FORD SIAPKAN 149 JUTA DOLAR

Produksi EcoSport di India, Ford Siapkan 149 Juta Dolar

Selasa, 24 Januari 2012 12:35

Produksi EcoSport di India, Ford Siapkan 149 Juta Dolar
Ford Ecosport
Editor : Anton

Otosia.com - FordMotor Co. berencana menambah investasi sebesar US $149 juta di pabriknya di Chennai Maraimalai Nagar, India, untuk memproduksi SUV (Sport Utility Vehicle) kompak baru Ford EcoSport. Investasi tambahan ini juga akan menciptakan lapangan kerja baru sekitar 400 orang di India.

"Kami berinvestasi US $149 juta di Chennai untuk memproduksi kendaraan tersebut. Ini benar-benar menunjukkan kepercayaan besar kepada tim di Chennai," ungkap Michael Boneham, President dan Managing Director Ford India.

Ford EcoSportpertama kali diperkenalkan di New Delhi Auto Show 2012. Untuk tahap awal, produksi EcoSport di India mencakup mesin bensin 1.0-liter, 3-silinder dan 1.6-liter, dengan efisiensi bahan bakar jauh lebih irit dan emisi CO2 di bawah 140 g/km. Sementara EcoSport versi 1,5-liter diesel menyusul diluncurkan akhir tahun ini di India.

Untuk mendukung investasi tersebut, Ford juga telah mendirikan pusat-pusat layanan bisnis global di Chennai dan Coimbatore, yang mempekerjakan lebih dari 5.000 orang. Sejauh ini, produsen otomotif AS ini telah menginvestasikan sekitar US $896 juta di pabrik perakitan dan pembuatan mesin untuk model Figo, Fiesta Classic dan Endeavour.

Sebelumnya Ford telah mengungkapkan bahwa All-New EcoSport akan menjadi kendaraan ketiga dari delapan kendaraan global One Ford baru untuk negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) hingga pertengahan dasawarsa. Setelah meluncur di India tanggal 4 Januari kemarin, EcoSport bakal hadir di ASEAN, termasuk Indonesia.

Jika masuk Indonesia, maka EcoSport akan menjadi pesaing produk kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios, di mana calon penantang baru punya kapasitas mesin dan tenaga yang tak jauh berbeda. Rush dan Terios punya tenaga 109 dk, sementara EcoSport sekitar 118 dk, dan faktor bobot kendaraan akan sangat berpengaruh. (kpl/nzr/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER