HOME » BERITA » PROSES TERBENTUKNYA HARGA KESEIMBANGAN PASAR, DISERTAI FUNGSI DAN CARA MENGHITUNGNYA

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar, Disertai Fungsi dan Cara Menghitungnya

Berikut ini pengertian, proses, fungsi, dan cara menghitung harga keseimbangan pasar

Jum'at, 16 Juli 2021 17:45 Editor : Ahmad Muzaki
Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar, Disertai Fungsi dan Cara Menghitungnya
Ilustrasi presentasi bisnis (Istimewa)

OTOSIA.COM - Dalam proses jual beli ada istilah harga keseimbangan pasar. Hal ini sangat penting terjadi dalam sebuah pasar perdagangan, agar kurva permintaan dan penawaran berjalan dengan normal.

Jika tidak terjadi keseimbangan, maka kurva tak akan seimbang. Alhasil harga dan permintaan pasar menjadi terlalu naik atau bahkan menurun drastis.

Apabila sudah begini, konsumen dan produsen akan bereaksi terhadap perubahan harga tersebut. Harga tinggi cenderung mengurangi permintaan, tapi juga mendorong penawaran. Sedangkan harga rendah meningkatkan permintaan sambil mengecilkan pasokan.

Melihat begitu penting peranannya, lantas apa pengertian dan bagaimana proses terbentuknya harga keseimbangan pasar? Terkait hal itu, berikut ini ulasan lengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 Halaman

Pengertian Harga Keseimbangan Pasar

Secara pengertian harga keseimbangan pasar merupakan harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. Singkatnya harga keseimbangan pasar adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Selain itu, harga keseimbangan pasar juga biasa disebut dengan harga pasar. Jika harga pasar telah terbentuk, biasanya akan bertahan lama dan menjadi patokan antara penjual dan pembeli.

Pada dasarnya harga keseimbangan pasar atau Equilibrium Price dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran. Hukum permintaan menyatakan bahwa permintaan suatu barang atau jasa akan bertambah jika harga di pasar menurun. Sedangkan hukum penawaran menyatakan bahwa penawaran akan bertabah apabila harga barang atau jasa di pasar mengalami kenaikan.

Perlu diketahui juga, harga keseimbangan pasar mempunyai peranan penting dalam mengendalikan harga. Dengan begitu tidak akan terjadi harga yang terlalu tinggi atau rendah. Sehingga antara penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan.

2 dari 6 Halaman

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan Pasar

Pada dasarnya proses terbentuknya harga keseimbangan pasar terjadi karena adanya interaksi antara penjual yang melakukan penawaran dan pembeli yang melakukan permintaan. Singkatnya, bisa diartikan juga bahwa harga keseimbangan pasar adalah harga hasil tawar menawar antara penjual dan pembeli. Namun proses ini harus dilakukan secara wajar, tawar menawar yang terjadi tak boleh merugikan salah satu pihak.

Nah, berdasarkan proses terbentuknya harga keseimbangan tersebut, diketahui ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Faktor yang memengaruhi harga keseimbangan pasar yaitu:

- Permintaan terhadap barang atau jasa bertambah, tetapi jumlah barang atau jasa terbatas

- Tinggi rendahnya biaya produksi

- Pandangan akan masa depan dari produsen atau konsumen

- Produsen mengetahui selera konsumen

- Penawaran terhadap barang atau jasa bertambah, tetapi daya beli konsumen tetap atau berkurang.

3 dari 6 Halaman

Fungsi Harga Keseimbangan Pasar

Harga keseimbangan pasar mempunyai peranan yang cukup penting dalam dunia bisnis atau investasi. Karena pada dasarnya hal ini memengaruhi aliran keuangan dari sebuah bisnis, entah itu mengalami kerugian atau untung

Peran penting harga keseimbangan pasar terbagi ke dalam dua bagian, yaitu fungsi permintaan dan fungsi penawaran.

Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan dalam harga keseimbangan pasar diidentifikasikan dengan jumlah barang yang sesuai dengan permintaan serta sederet faktor pendukungnya, seperti hukum permintaan yang berlaku pada pasar. Sebagai contoh, jika suatu barang mengalami kenaikan harga maka secara otomatis memicu penurunan permintaan produk tersebut. Begitu pula sebaliknya, apabila harga barang menurun maka permintaannya akan meningkat.

Lebih lanjut, fungsi permintaan adalah munculnya hubungan antara jumlah barang dan harga yang kerap berbanding terbalik. Contohnya adalah harga barang turun karena permintaan yang meningkat, begitu sebaliknya.

Karena itulah, agar terjadi keseimbangan perlu adanya kompetisi bisnis antara kalangan produsen barang. Dengan begitu konsumen akan berkompetisi dalam meraih barang yang diinginkan.

Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran sendiri lebih berfokus pada korelasi persamaan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan produsen. Mekanismenya pun disesuaikan dengan hukum penawaran, yaitu ketika jumlah barang meningkat, maka akan diikuti kenarikan harga di pasar.

4 dari 6 Halaman

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Pasar

Menghitung Harga Keseimbangan dengan Pendekatan Matematis

Sebenarnya untuk mengetahui harga keseimbangan pasar tak begitu sulit. Cara menghitung harga keseimbangan pasar juga tergolong mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah melalui pendekatan matematis. Nah, berikut ini cara menghitung harga keseimbanga pasar.

Qd = Qs atau Pd = Ps

Keterangan:

Qd = jumlah yang diminta

Qs = jumlah yang ditawarkan

Pd = harga yang diminta

Ps = harga yang ditawarkan

Berikut contoh sederhananya yang dikutip dari laman Ukirama. Diketahui fungsi permintaan Qd = 80 ? P dan fungsi penawaran Qs = 8P ? 100. Maka untuk menentukan harga dan jumlah keseimbangannya adalah dengan menerapkan rumus keseimbangan dahulu.

Qd   =  Qs

? P    =  8P ? 100

-P ? 8 P = 100 ? 80

-9P   = - 180

P = (-180/-9) = 20

Berdasarkan rumus maka diperoleh harga (P) keseimbangannya yaitu 20. Maka untuk mencari jumlah (Q) keseimbangannya adalah dengan memasukkan nilai harga ke salah satu saja fungsi yang diketahui.

Q = 80 ? P

Q = 80 ? 20

Q = 60

Jadi, didapatkan nilai jumlah (Q) keseimbangannya adalah 60.

Nilai ini bisa dibuktikan kebenaranya karena jika dimasukkan ke rumus Qs juga akan menghasilkan nilai yang sama.

Q = 8P- 100

Q = 8(20) ? 100

Q = 160 ? 100

Q = 60

Terlihat bahwa baik menggunakan rumus Qd maupun Qs nilainya sama. Berarti benar bahwa nilai Harga keseimbangannya adalah 60.

5 dari 6 Halaman

Menghitung Harga Keseimbangan dengan Tabel

Cara menghitung harga keseimbangan pasar dengan membuat tabel yang berisikan harga (P), jumlah barang yang diminta (Qd), dan jumlah barang yang ditawarkan (Qs).

Pada tabel harga diisi list harga yang diberikan, pada Qd diisi list berapa jumlah unit yang diminta dengan harga tersebut, dan pada Qs diisi list berapa jumlah unit yang bisa ditawarkan dengan harga terkait.

Berikut contoh dari tabel harga keseimbangan produk X.

P (Harga) Dalam Rp

Qd (Jumlah Permintaan) Dalam Unit

Qs (Jumlah Penawaran) Dalam Unit

1.000

50

20

2.000

40

20

3.000

35

25

4.000

30

30

5.000

25

40

6.000

20

50

Dari tabel tersebut diketahui bahwa pada harga Rp4.000 jumlah permintaan dan jumlah penawarannya sama yaitu 30 unit. Artinya, harga keseimbangan produk X ada pada harga Rp4.000 dengan jumlah keseimbangan yang terjadi di angka 30 unit.

6 dari 6 Halaman

Kesimpulan

Ketika menjalankan sebuah bisnis, mengetahui tingkat penawaran dan permintaan sangatlah penting. Karena hal ini berguna untuk mewujudkan harga keseimbangan pasar. Jika harga keseimbangan pasar telah dicapai, maka antara produsen dan konsumen saling untung.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis. Tujuannya tentu untuk terhindar dari ketimpangan antara permintaan konsumen dan penawaran produsen.

BERI KOMENTAR