HOME » BERITA » PROYEK AMBISIUS SAUDI ARABIA, MBS UNGKAP PERKEMBANGAN PEMBANGUNAN KOTA TANPA MOBIL DAN JALAN RAYA

Proyek Ambisius Saudi Arabia, MBS Ungkap Perkembangan Pembangunan Kota Tanpa Mobil dan Jalan Raya

Pangeran Mahkota Saudi Arabia, Mohammed bin Salman mengungkap perkembangan proyek ambisius kota tanpa mobil dan jalan raya. Selain untuk mengurangi emisi karbon, kota itu akan membantu Saudi Arabia mengurangi ketergantungan pada sektor minyak.

Rabu, 13 Januari 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Proyek Ambisius Saudi Arabia, MBS Ungkap Perkembangan Pembangunan Kota Tanpa Mobil dan Jalan Raya
Ilustrasi proyek kota tanpa mobil (Carscoops)

OTOSIA.COM - Sejak 2017 lalu, Saudi Arabia mengumumkan niatannya untuk membangun kota baru Neom. Kota itu akan terbentang lebih dari 16 ribu kilometer persegi di barat laut negara tersebut.

Dibangun untuk menjadi pusat teknologi dan bisnis, Saudi Arabia menginginkan kota tersebut bebas dari mobil dan jalan raya. Kini, Putra Mahkota Saudi Arabia, Mohammed bin Salman alias MBS, mengumumkan perkembangan proyek ambisius itu.

Dilansir dari Carscoops, pengumuman MBS itu disiarkan pada hari Minggu lalu. Dia menginfirmasi pembangunan yang dijuluki The Line itu akan dimulai pada kuartal pertama.

1 dari 1 Halaman

Kota itu akan menjadi pusat komunitas masa depan yang sangat terhubung, tanpa mobil dan jalan raya, serta dibangun di sekitar alam. "Tulang punggung investasi di The Line akan datang dari dukungan dana sebesar USD 500 miliar kepada Neom oleh pemerintah Saudi, PIF (Saudi Arabia's Public Investment Fund) dan investor lokal dan global selama 10 tahun," kata MBS.

Sementara itu, Bloomberg melapirkan bahwa kota tersebut akan memiliki 1 juta penduduk dan menciptakan 380.000 pekerjaan baru pada tahun 2030. Pembangunan itu juga brtujuan untuk membantu mengurangi emisi karbon, yang menjadi bagian dari rencana MBS untuk mendiservikasi ekonomi negara dan terlalu bergantung pada minyak.

Meski banyak detail yang belum terkonfirmasi, MBS mengonfirmasi bahwa perjalanan di Thel Line tak akan memakan waktu lebih dari 20 menit. Akan ada jalur berkecepatan sangat tinggi yang dibangun di sana. Termasuk adanya salah satu bandara terbesar di dunia.

BERI KOMENTAR