HOME » BERITA » PROYEK MOBIL NASIONAL TURKI, SUV LISTRIK FUTURISTIS

Proyek Mobil Nasional Turki, SUV Listrik Futuristis

Turki berencana untuk menghadirkan mobil nasional pada 2022 mendatang dan purwarupanya telah diungkap.

Selasa, 07 Januari 2020 13:15 Editor : Cornelius Candra
Proyek Mobil Nasional Turki, SUV Listrik Futuristis
TOGG calon mobil nasional Turki (TOGG)

OTOSIA.COM - Mengakhiri tahun 2019 lalu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengungkap prototype SUV listrik produksi lokal. Ini merupakan awal dari proyek mobil nasional (mobnas) Turki.

Mengutip dari Euronews.com, mobil listrik ini dibuat oleh perusahaan Turki bernama TOGG. Proses produksi dan perakitannya pun akan dilakukan secara lokal, di Gebze.

Karena masih sebatas prototype, mobil ini tak akan bisa dibeli dalam waktu dekat. TOGG menyebut bahwa versi produksi massal pertamanya akan dijual mulai 2022 mendatang.

1 dari 2 Halaman

Proyek Mobil Nasional Turki, SUV Listrik Futuristis

Meski dirancang dan diproduksi di Turki, TOGG turut menggandeng desainer mobil terkenal asal Italia, Pininfarina. Karena itu, tak heran jika tampilannya sedikit bernuansa Eropa.

Tengok saja sektor depannya yang dibekali dengan LED headlight dan LED DRL yang terkesan futuristis. Selain itu, terdapat aksen krom lebar dan skid-plate silver yang memperkuat aura SUV.

Geser ke samping, perhatian langsung tertuju ke velg silver berukuran besar. Selain itu, mobil ini memiliki bodi berlekuk tegas, spion kecil, dan roof-rail.

2 dari 2 Halaman

Proyek Mobil Nasional Turki, SUV Listrik Futuristis

Bagian belakangnya pun tampak gagah dan berkarakter. Itu tak terlepas dari lekukan di pintu belakang dan dipadu LED taillight tipis. Terpasang juga skid-plate tebal berwarna silver yang memperkuat kesannya sebagai SUV.

Masih belum ada informasi detail terkait dapur pacunya. Namun, disebutkan bahwa calon mobnas Turki ini ditawarkan dalam 2 kapasitas baterai dengan jarak tempuh 300 km dan 500 km.

Pihak TOGG mengklaim pengisian dayanya bisa dilakukan dalam waktu singkat, 0-80% dalam 30 detik. Selain itu, figur akselerasi 0-100 km/jam mobil ini dapat dicapai dalam 4,8 detik.

BERI KOMENTAR