HOME » BERITA » PUASA DAPAT TERGANGGU GARA-GARA SALAH PILIH KACA FILM, KOK BISA?

Puasa Dapat Terganggu Gara-gara Salah Pilih Kaca Film, Kok Bisa?

Salah memilih kaca film selain dapat menggangu ketahanan fisik saat puasa juga konsentrasi berkurang terutama mengemudi saat terik dan macet.

Jum'at, 30 April 2021 18:15 Editor : Nazarudin Ray
Puasa Dapat Terganggu Gara-gara Salah Pilih Kaca Film, Kok Bisa?
Ilustrasi mengemudi saat terik (uk.motor1.com)

OTOSIA.COM - Berpuasa tidak menghalangi aktivitas normal seperti bekerja dan sebagainya. Namun ada kalanya panas terik dapat memberikan pengaruh terhadap ketahanan fisik. Meski di dalam mobil sekalipun rasa panas dapat menyerang.

Pasalnya salah memilih kaca film bisa mempengaruhi suhu di dalam mobil. Perlu diketahui kaca film itu berhubungan dengan temperatur dan efisiensi pendinginan dalam kabin kendaraan. Terlebih dalam situasi lalu lintas yang macet, terkadang membuat kita sering terbawa emosi.

"Patut diketahui, bahwa perubahan perilaku dalam berkendara, bisa jadi karena hal-hal yang dianggap remeh padahal sangat menentukan dalam berkeselamatan di jalan raya. Salah satunya adalah penggunaan kaca film," buka Linda Widjaja, Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari.

1 dari 2 Halaman

Menurut Linda, jika kaca film yang digunakan tak mampu menahan panas dari luar, maka ini akan membuat pengemudi merasa tidak nyaman karena dehidrasi. Karena itu disarankan memilih kaca film yang memberikan pengaruh cukup signifikan bagi pengemudi yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Dijelaskan lebih jauh, temperatur yang cenderung meningkat dalam kabin tidak bisa dinafikan bakal membuat kita haus. Untuk itu penggunaan kaca film dengan teknologi terbaik, adalah wajib.

Kaca film dengan penolakan sinar infra merah 98 persen dan juga sinar ultra violet 99 adalah pilihan ternaik. Hal ini dapat membuat kabin kendaraan lebih sejuk dan nyaman walaupun di siang hari.

 

2 dari 2 Halaman

Selain itu kaca film berperan meredam panas dari sinar matahari ke dalam kabin mobil sehingga suhu di dalam kabin mobil bisa lebih dingin. Kenyamanan pengemudi ketika berkendara bisa tetap terjaga dan memperlambat tingkat dehidrasi.

"Saat puasa, konsentrasi serta kewaspadaan saat mengemudi cenderung menurun karena lelah dan dehidrasi," tukas Linda.

Kemudian intensitas cahaya dari luar seperti lampu kendaraan atau sinar matahari mempercepat kelelahan pada mata. Disinilah peran kaca film yang mampu meredam intensitas cahaya berlebih serta sinar UV dari matahari. Dampaknya pengemudi tidak mudah merasa lelah dan terjaga konsentrasinya ketika berkendara saat puasa.

 

BERI KOMENTAR