HOME » BERITA » PULUHAN RIBU UNIT MOBIL HONDA DI INDONESIA KENA RECALL, KENDARAAN MASIH AMAN DIPAKAI?

Puluhan Ribu Unit Mobil Honda di Indonesia Kena Recall, Kendaraan Masih Aman Dipakai?

Honda Indonesia mengimbau konsumen yang memiliki mobil yang termasuk dalam recall segera menghubungi dealer untuk mendapatkan penggantian fuel pump.

Jum'at, 17 Juli 2020 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Puluhan Ribu Unit Mobil Honda di Indonesia Kena Recall, Kendaraan Masih Aman Dipakai?
Honda Recall puluhan ribu mobil (ist)

OTOSIA.COM - Usai beberapa negara mengumumkan recall untuk beberapa model mobil Honda, giliran Honda Indonesia yang mengumumkan recall. Kampanye penarikan kembali di Tanah Air itu melibatkan 85.025 mobil Honda.

Recall dilakukan lantaran ditemukan indikasi masalah pada fuel pump. Akibat masalah itu, komponen tersebut memungkinkan mesin tidak bisa dinyalakan atau berhenti beroperasi secara tiba-tiba.

Dijelaskan Service & Parts Asst. General Manager PT HPM, Denny MT, kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk selalu memastikan kendaraan konsumen berada pada standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi, dan dilakukan tanpa memungut biaya apapun.

Namun sembari menunggu giliran perbaikan, apakah kendaraan masih bisa dipakai?

1 dari 3 Halaman

Kendaraan masih bisa digunakan tapi tetap disarankan harus melakukan pergantia terlebih dahulu. Program recall fuel pump ini dimulai 15 Juli 2020 sampai waktu yang tidak terbatas.

"Mengingat pentingnya program ini, kami mengimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi Honda untuk proses pemeriksaand an penggantian komponen," jelas Denny, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (17/7/2020).

Model yang terindentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic, dan Honda Accord produksi 2017 hingga 2019.

2 dari 3 Halaman

Pemilik Mobil Honda Bisa Cek Secara Mandiri

Bagi konsumen yang ingin mengetahui kendaraannya terkena atau tidak, diler Honda akan menghubungi si pemilik dan mengirimkan surat pemberitahuan langsung untuk menginformasikan apabila mobil Anda perlu termasuk dalam program pemanggilan untuk perbaikan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan sendiri dengan memasukkan nomor rangka mobil di website http://pud.honda-indonesia.com/

Bagi yang mobilnya terkena, konsumen harus segera menghubungi diler resmi Honda untuk melakukan perbaikan. Sebelumnya, pemilik harus melakukan booking service dengan menghubungi bengkel resmi atau melalui aplikasi Honda e-Care.

Bagi mobilnya yang terkena recall, biaya pergantian tidak akan dikenakan biaya. Sedangkan waktu perbaikan bervariasi, tergantung jenis komponen yang diperbaiki. Untuk program penggantian komponen fuel pump membutuhkan waktu sekitar 60 ? 90 menit.

3 dari 3 Halaman

Sementara itu, pabrikan berlambang huruf H ini senantiasa melakukan evaluasi terhadap produknya. Jadi, seringkali ada pemilik mobil yang sudah melakukan mengikuti recall tapi tetap ada yang dipanggil untuk melakukan perbaikan.

Terkait dengan prosedur perbaikan, proses penggantian komponen fuel pump hanya dapat dilakukan di bengkel resmi Honda. Sebagai pilihan, Anda juga dapat memesan layanan pick up service atau penjemputan mobil ke rumah sesuai dengan ketersediaan di masing-masing dealer.

BERI KOMENTAR