HOME » BERITA » PUNYA MOBIL ANTIK DAN MESINNYA KUSAM, INI SOLUSI YANG BISA DILAKUKAN

Punya Mobil Antik dan Mesinnya Kusam, Ini Solusi yang Bisa Dilakukan

Kerapian tampilan mobil seiring juga dengan makin pahamnya para pemilik untuk bagaimana cara merawat kendaraan

Jum'at, 09 Agustus 2019 11:15 Editor : Ahmad Muzaki
Punya Mobil Antik dan Mesinnya Kusam, Ini Solusi yang Bisa Dilakukan
Rupes (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Era mobil retro dan makin ramainya pilihan mobil di Indonesia kini semakin menjadi di tengah keinginan agar mobil juga bukan tampil ala kadarnya tetapi rapi alias dandy.

Kerapian tampilan mobil itu seiring juga dengan makin pahamnya para pemilik untuk bagaimana cara merawat kendaraan mereka, termasuk memilih mesin rotary pemoles yang tepat dan berkualitas di samping makin betebarannya pula paket perawatan. Apalagi para kolektor mobil lawas yang terbilang rewel demi tampilan yang sebaik mungkin pada kendaraan-kendaraannya.

"Contohnya, mereka yang punya mobil banyak, tetapi enggak mau dipegang (dibiarkan agar perawatannya diserahkan) orang lain," kata Deny Yohanes, marketing dan technical dari Rupes Indonesia.

Rewel ini misalnya untuk urusan "bulu rambut" pada permukaan bodi mobil. Ini yang kerap terjadi manakala mobil mungkin terlihat mulus sekilas, tetapi urusan "bulu rambut" tadi mengurangi nilai detailnya.

1 dari 2 Halaman

Mesin Rotary Poles

Punya Mobil Antik dan Mesinnya Kusam, Ini Solusi yang Bisa DilakukanMesin Rotary Poles

Problem ini memang tidak bisa diselesaikan sembarangan. Sebab butuh mesin rotary poles yang memang ditujukan untuk proses sedetail ini, dan tidak ketinggalan mengejar detail kerapian poles, misalnya hingga pinggiran logo yang sulit dijangkau jari.

"(Butuh yang) untuk mengatasi permukaan yang kalau orang bilang bulu rambut atau sarang laba-laba. Bisa menjangkau yang sulit dijangkau tangan, misalnya kayak logo-logo," tambahnya merujuk bagimana urusan tersebut yang jadi fokus Rupes, mesin poles dari Italia.

Ia pun menyebut fungsi yang sama untuk mobil dari tahun lama, seperti tahun 1970-an, hingga mobil-mobil era sekarang. Jadi, Rupes sebagai contoh, memungkinkan bagi kolektor untuk memoles mobil sendiri.

"Bisa digunakan personal maupun usaha. Jadinya, pemula pun bisa sehingga tidak harus ke salon mobil. Soalnya ini sangat minim getaran dan mampu untuk mengerjakan lapisan apa pun," kata dia lalu bilang kalau Rupes sudah diacungi oleh detailer.

2 dari 2 Halaman

Bikin Mesin Kinclong

Punya Mobil Antik dan Mesinnya Kusam, Ini Solusi yang Bisa DilakukanBikin Mesin Kinclong

Menariknya, mesin rotary Rules juga diperuntukan untuk mempoles mesin yang kusam, berkerak, terutama mobil-mobil lawas.

"Produk terbaru kami Rupes Mark III dan LHR 19E diaplikasikan untuk membersihkan mesin. Ini sepaket dengan chemical terbarunya, seperti coarse dan paket compund rotary serta one step polish and sealent. Banyak masih punya mobil tahun 1970-an atau 80-an pakai ini untuk membersihkan bagian luar mesinnya, karena mau mobilnya tetap apik," paparnya.

Bicara soal harga mesin rotary poles, Rupes sendiri dipasarkan mulai dari Rp6 juta hingga Rp12 jutaan. Harga itu dinilai sepadan karena bisa dipakai non-stop sampai 10 mobil sampai kemudian diistirahatkan selama 30 menit. Jadi cocok buat kolektor yang waktunya juga terbatas.

BERI KOMENTAR