HOME » BERITA » PUNYA PLATFORM SAMA, APA BEDANYA RENAULT KIGER DENGAN NISSAN MAGNITE?

Punya Platform Sama, Apa Bedanya Renault Kiger dengan Nissan Magnite?

Meski mempunyai platform yang sama, perbedaan Renault Kiger dan Nissan Magnite ternyata cukup signifikan.

Sabtu, 04 September 2021 18:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Punya Platform Sama, Apa Bedanya Renault Kiger dengan Nissan Magnite?
Renault Kiger dan Nissan Magnite (Renault, Nissan)

OTOSIA.COM - PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) baru-baru ini merilis Renault Kiger. Mobil tersebut merupakan senjata MRI untuk bersaing di kelas SUV kompak yang diisi oleh Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, serta Nissan Magnite.

Pesaing terakhir ternyata menggunakan platform yang sama. Hal ini bisa dilihat pada dimensi Renault Kiger yang cukup mirip dengan Nissan Magnite. Renault Kiger memiliki panjang 3,991 mm dan lebar 1,750 mm, sedangkan panjang Nissan Magnite adalah 3,994 mm dan lebarnya mencapai 1,758 mm.

1 dari 6 Halaman

Selain dimensinya, kesamaan platform tidak lepas dari aliansi Renault dan Nissan. Aliansi tersebut sudah berjalan sejak tahun 1999 dan menghasilkan berbagai mobil seperti Renault Koleos dan Nissan X-Trail.

Ada juga berbagai parts serupa yang digunakan pada kedua mobil itu, seperti tombol-tombol AC digital, serta mesin tiga silinder turbo. Namun selain platform dan penggunaan parts yang sama, apa saja perbedaan di antara keduanya?

2 dari 6 Halaman

Perbedaan Eksterior dan Interior

Interior Renault Kiger dan Nissan Magnite (Renault, Nissan)

Dari sisi luar Renault Kiger dan Nissan Magnite memiliki bahasa desain yang berbeda. Renault Kiger terlihat lebih kekar dan maskulin berkat fitur-fitur dan bodi bongsornya. Renault memberikan Kiger lampu depan berteknologi Tri-octa Advanced Pure Vision dan lampu belakang LED berbentuk huruf C.

Selain itu bodi Renault Kiger terlihat berisi karena bagian fender sampingnya lebih menonjol keluar dan desain bumper depan dan belakang yang chunky.

3 dari 6 Halaman

Sementara Nissan Magnite mencoba menyaingi tampilan Kiger dengan overfender tebal di seluruh tubuhnya, head lamp dan lampu kabut LED, serta DRL gaya taring yang memanjang ke bawah.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa fascia depannya mirip Datsun, mengingat mobil ini awalnya hendak dijual di bawah merek tersebut.

4 dari 6 Halaman

Interior kedua SUV itu cukup sebanding dari sisi desain serta fitur. Bentuk dasbor Nissan Magnite sedikit lebih sporti dengan lubang AC mirip kepunyaan Lamborghini Urus, namun Renault Kiger terlihat modern dengan letak head unit floating di atas lubang AC depan.

Selain itu kabin Renault Kiger dan Nissan Magnite relatif sama. Keduanya sama-sama canggih dengan speedometer digital, head unit dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, lubang AC belakang, serta armrest di baris pertama dan kedua.

5 dari 6 Halaman

Perbedaan fitur kenyamanan dan keselamatan

Fitur Nissan Magnite (Nissan)

Hal yang menarik dari perbandingan kedua SUV ini berada pada fitur kenyamanan dan keselamatan. Renault Kiger lebih unggul pada segmen kenyamanan dengan fitur sistem audio buatan Arkamys 8 speaker, kunci berbentuk smart access card, AC depan dengan air purifier, serta ambient lighting.

Di sisi lain Nissan Magnite lebih worth it untuk fitur keselamatan. Nissan menyematkan kamera 360, cruise control dan Hill Start Assist (HSA). Seluruh perangkat keselamatan tersebut tidak tersedia di Kiger. Namun Renault tetap memberikan kamera mundur serta sensor parkir depan dan belakang.

6 dari 6 Halaman

Selebihnya, fitur kedua mobil tetap sama. Artinya kedua mobil itu sama-sama dilengkapi 4 airbags, ABS, EBD, dan Vehicle Stability Control (VSC).

Dapur pacunya pun tidak berbeda, mengingat kedua SUV kompak itu berbagi platform yang sama. Mesin 999cc tiga silinder turbonya menghasilkan tenaga sebesar 100 PS dengan torsi 152 Nm.

Untuk harga, Renault Kiger dibanderol Rp 278 juta, sedangkan Nissan Magnite termahal diberi harga Rp 244,8 juta.

BERI KOMENTAR