HOME » BERITA » PUNYA WAJAH BARU, KENAPA HONDA CBR150R MASIH PAKAI MESIN LAMA?

Punya Wajah Baru, Kenapa Honda CBR150R Masih Pakai Mesin Lama?

Ada alasan tertentu di balik penggunaan mesin lama pada Honda CBR150R terbaru.

Selasa, 12 Januari 2021 17:00 Editor : Cornelius Candra
Punya Wajah Baru, Kenapa Honda CBR150R Masih Pakai Mesin Lama?
Honda CBR150R 2021 (Honda)

OTOSIA.COM - Honda CBR150R tampil jauh lebih segar di generasi teranyarnya. Secara keseluruhan, motor sport 150cc ini tampak mirip dengan kakaknya, Honda CBR250RR.

Tengok saja, sektor depannya dihuni dual-LED headlight yang dipadu dengan LED DRL. Selain itu, lampu belakangnya juga dibuat bertumpuk dan meruncing.

1 dari 3 Halaman

Salah satu komponen yang mencolok ialah penggunaan suspensi depan upside-down. Kaki baru ini disebut bisa menyempurnakan pengendalian, baik saat kecepatan tinggi maupun bermanuver.

Sayangnya, tak ada perubahan di sektor dapur pacu. Honda CBR150R terbaru ini masih mengandalkan mesin 1-silinder 150 cc DOHC liquid-cooled. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 17,1 PS dan torsi maksimumnya mencapai 14,4 Nm.

2 dari 3 Halaman

Meski demikian, kini dapur pacu tersebut dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch. Fungsinya ialah memperhalus perlambatan ketika engine brake secara tiba-tiba. Hadirnya teknologi ini juga membuat tarikan kopling terasa lebih ringan.

Thomas Wijaya, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut bahwa penggunaan mesin lama ini tak terlepas dari kebutuhan konsumen. Selain itu, ada sedikit perubahan yang membuat motor tersebut lebih responsif.

3 dari 3 Halaman

"Kalau mesin memang masih sama, tapi sekarang sudah punya Assist & Slipper Clutch. Kami juga melakukan improvement sehingga tarikan dari bawah ke tengah lebih responsif," terang Thomas saat sesi konferensi pers virtual siang tadi (12/1).

"Jadi kami menyesuaikan dengan kebutuhan. Mesin yang sekarang dirasa sudah cukup untuk bermanuver dan menghadapi stop-and-go di jalanan. Karena itu dibuat lebih responsif dari putaran bawah ke tengah," pungkasnya.

BERI KOMENTAR