HOME » BERITA » RACE DIRECTION MOTOGP: ROSSI JELAS AMBIL KEUNTUNGAN

Race Direction MotoGP: Rossi Jelas Ambil Keuntungan

Selasa, 25 April 2017 10:45

Race Direction MotoGP: Rossi Jelas Ambil Keuntungan
Valentino Rossi (c) Yamaha

Otosia.com - Race Director (Direktur Badan Pengawas Balap) MotoGP, Mike Webb menjelaskan mengapa pihaknya menjatuhkan hukuman 0,3 detik kepada rider Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi setelah ia mengalami senggolan dengan debutan Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco pada lap 7 di Tikungan 4 Circuit of The Americas, Austin, Texas pada Minggu (23/4).


Saat masuk ke tikungan berbentuk "S" ini, Zarco berusaha menyalip Rossi dan keduanya bersenggolan hingga The Doctor ke luar lintasan saat dan terpaksa memotong jalur di Tikungan 4. Race Direction menyebut insiden ini bukan kesalahan Rossi, namun menyatakan Rossi mendapat keuntungan jarak dari rider Repsol Honda, Marc Marquez.


"Anda tak boleh ambil keuntungan dengan keluar lintasan. Tapi jelas ada keuntungan karena ia jadi lebih dekat dengan Marc. Ini jelas bagi semua orang, termasuk Vale sendiri. Tindakan yang benar adalah menyerahkan keuntungan itu kembali: menutup gas dan kembali ke jarak semula di belakang Marc seperti sebelum insiden terjadi," ujar Webb kepada Crash.net.
Valentino Rossi (c) Yamaha
Webb pun menyatakan bahwa rider Ducati Corse, Jorge Lorenzo sempat mengalami peristiwa yang sama pada pertengahan balap, namun rider Spanyol ini tak mendapat hukuman karena tak mendapat keuntungan apapun. Webb juga menyatakan hukuman yang dijatuhkan kepada Rossi termasuk hukuman yang cukup ringan.


"Agar adil untuk semua rider, usai kami melihat keuntungan diambil atas alasan apapun, kami harus mengambil kembali keuntungan itu. Penalti yang wajar sejatinya adalah meminta rider turun satu posisi. Bagi kami penalti itu tak perlu dilakukan karena Vale memang terpaksa keluar lintasan. Jadi yang kami inginkan adalah memastikan keuntungan yang ia raih diserahkan kembali," ungkap pria asal Selandia Baru ini.


Hukuman 0,3 detik ini pun diberlakukan di akhir balap, membuat Rossi yang finis kedua tertinggal 2,769 detik dari Marquez dan unggul 2,043 detik dari Dani Pedrosa di posisi ketiga. Kini sang sembilan kali juara dunia tengah memimpin klasemen pembalap dengan koleksi 56 poin. (cn/kny)

Sumber : Bola.net






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER