HOME » BERITA » RADIATOR BOCOR PENYEBAB TRANSJAKARTA TERBAKAR DI TMII

Radiator Bocor Penyebab Transjakarta Terbakar Di TMII

Bus transjakarta yang terbakar diakibatkan oleh radiator yang bocor.

Rabu, 09 Oktober 2013 22:33 Editor : Merdeka
Bus TransJakarta terbakar di exit Tol Taman Mini. ©2013 Merdeka.com/TMC Polda Metro Jaya

Otosia.com - Transjakarta jurusan Dukuh Atas-Pulogadung terbakar di lampu merah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) disebabkan oleh radiator bocor. Busway milik operator Jakarta Megatrans tersebut sedang tidak membawa penumpang.


"Opsi sementara karena radiator bocor. Kalau radiator bocor berarti airnya habis, pendinginnya panas dan terbakar. Ini masih indikasi," ujar Kepala UP Transjakarta, Pargaulan Butar-Butar kepada merdeka.com, Rabu (9/10).


Kejadian berawal, saat busway hendak menuju pool kemudian berhenti di lampu merah TMII. Tiba-tiba, saat berhenti keluar asap yang akhirnya seluruh body busway terbakar.


"Itu memang sudah disuruh pulang ke pool karena kondisi kurang bagus. Enggak ada penumpang karena mau ke pool iba-tiba berhenti di lampu merah TMII keluar lah asap," jelasnya.


Namun, ia mengaku belum mengetahui apakah busway tersebut telah uji KIR atau belum. Karena, hingga saat ini, ia belum melakukan pengecekan ke arah sana.


"Seharusnya uji KIR, tapi itu operator. saya belum cek kesana, besok saya suruh petugas cek," ucapnya.


Ke depan, ia akan melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap armada busway. Selain itu, hal utama setiap busway harus lulu uji KIR.


"Tahun ini yang terbakar baru satu ini. Nanti semua akan diawasi dan harus lulus uji KIR," tegasnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, Bus Transjakarta B 7453 IX terbakar di pintu keluar Tol Taman Mini, Jakarta Timur. Bus tersebut terbakar di bagian belakang dan mengeluarkan asap tebal.


"Petugas masih meluncur ke lokasi," ujar petugas Sudin Damkar Jakarta Timur, Guntoro kepada merdeka.com, Rabu (9/10).


Guntoro menambahkan, mobil pemadam yang dikerahkan baru satu unit saja. "Penyebab kita belum tahu," katanya.


Penumpang yang berada di dalam bus Transjakarta tersebut langsung berhamburan keluar. Akibat insiden tersebut, arus lalu lintas menjadi macet. (mdk/nur/did)


BERI KOMENTAR