HOME » BERITA » RAMAI MOBIL LISTRIK, BERAPA BANYAK SUV OUTLANDER PHEV TERJUAL?

Ramai Mobil Listrik, Berapa Banyak SUV Outlander PHEV Terjual?

Sekalipun dibanderol Rp1,289 miliar, SUV listrik Outlander PHEV sudah dipesan sampai puluhan unit

Jum'at, 06 September 2019 18:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ramai Mobil Listrik, Berapa Banyak SUV Outlander PHEV Terjual?
Mitsubishi Outlander PHEV (carmagazine.co.uk)

OTOSIA.COM - Pemerintah Indonesia terus berupaya mempercepat pertumbuhan industri kendaraan listrik. Upaya tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Sebelum Perpres tersebut diteken Jokowi, sejumlah agen pemegang merek sudah lebih dulu memasarkan beberapa model kendaraan listrik di Indonesia, baik produsen asal Eropa maupun Jepang.

Walaupun minat terhadap kendaraan listrik Indonesia masih sedikit dan runtutan aturan Perpres tersebut belum sepenuhnya dipelajari oleh agen pemegang merek, produsen otomotif tetap meyakini bahwa kendaraan listrik akan makin berkembang di Indonesia.

1 dari 2 Halaman

Penjualan Outlander PHEV

Ramai Mobil Listrik, Berapa Banyak SUV Outlander PHEV Terjual?Penjualan Outlander PHEV

Ini pula yang menjadi salah satu faktor yang membuat PT Mistsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendatangkan SUV listrik Outlander PHEV ke Indonesia. Selepas GIIAS Agustus lalu angka jualan yang diperoleh tidak bisa dibilang sedikit.

Sekalipun dibanderol Rp1,289 miliar, SUV listrik Outlander PHEV sudah dipesan sampai puluhan unit.

Hingga Agustus kemarin total penjualan Outlander PHEV telah menyentuh angka lebih dari 50 unit. Naik dari bulan sebelumnya yang terjual 40 unit. Walaupun ada pertumbuhan pihak MMKSI menyatakan bahwa tujuan dari kehadiran Outlander PHEV tidak sekadar menaikan volume jualan, melainkan juga memperkenalkan teknologi yang ramah lingkungan.

??Sampai sekarang total pemesanan Outlander PHEV sudah 50 unit lebih ya. Tapi bukan volume penjualan yang menjadi tujuan utama kami memasarkan Outlander PHEV ke Indonesia,? kata Michimasa Kono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Palembang, Kamis kemarin (5/9).

2 dari 2 Halaman

Terkait Insentif Pajak

Ramai Mobil Listrik, Berapa Banyak SUV Outlander PHEV Terjual?Terkait Insentif Pajak

Mengenai kemungkinan nantinya ada koreksi harga, Mitsubishi masih menunggu informasi menjanjikan soal insentif pajak dari pemerintah Indonesia. Di mata Mitsubishi, SUV listrik andalannya jelas belum tersentuh oleh regulasi tersebut.

Dia sendiri belum bisa bicara lebih jauh dan masih menanti bagaimana efek dari regulasi pemerintah mengenai pajak mobil listrik terhadap Outlander PHEV.

Outlander PHEV memang menunjukkan kecanggihan teknologi kendaraan listrik. Mobil ini punya tiga mode berkendara, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.

Pada mode EV Drive, motor menggerakkan kendaraan dengan tenaga listrik dari baterai sehingga tidak ada konsumsi bahan bakar dan emisi CO2.

Sedangkan, Hybrid Driving Mode dibagi menjadi dua mode. Pertama, Series Hybrid Mode merupakan perpaduan mode elektrik dan mesin. Mesin gasoline 2,4 L akan menghasilkan listrik jika baterai lemah dan menambah tenaga saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi atau menanjak.

Pada Parallel Hybrid Mode, mesin gasoline akan melaju dengan bantuan motor saat kendaraan membutuhkan ekstra tenaga (saat kecepatan tinggi atau saat efisiensi mesin tinggi). Setidaknya, masih ada suguhan teknologi untuk menyeimbangkan banderol harganya saat ini.

BERI KOMENTAR