HOME » BERITA » RAMAIKAN ASIAN GAMES, 60 BUS TRANSJAKARTA IKUT BERHIAS

Ramaikan Asian Games, 60 Bus Transjakarta Ikut Berhias

Senin, 20 Agustus 2018 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Pemerintah Indonesia melalui Pemprov DKI Jakarta menghiasi sejumlah ruas jalan dengan hiasan-hiasan berbau perhelatan olahraga terbesar di Asia ini.

Tidak hanya jalan, ikon angkutan umum ibukota, Transjakarta, juga mendapat sentuhan hiasan Asian Games.

Bagian luar Transjakarta kini sedikit berbeda dengan pemasangan stiker Astra Asian Games 2018. Stiker ini dipasang pada kaca belakang 60 bus Transjakarta yang melalui koridor 1 dan koridor 9.

Koridor 1 adalah rute dari Blok M Stasiun Kota dan Koridor 9 memiliki rute Terminal Pinang Ranti Stasiun Pluit.

Selain itu Astra juga menyerahkan 2.500 polo shirt untuk karyawan Transjakarta yang bertugas selama Asian Games 2018.

Melalui kolaborasi ini, kami berupaya untuk menyukseskan acara dengan pemenuhan sarana transportasi dan pelayanan yang prima, ujar Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta

Bus-bus Transjakarta sendiri kini sudah modern. Bus-bus tersebut berasal dari pabrikan Eropa, Mercedes-Benz dan Scania.

Armada terbaru ini diklaim lebih aman dari generasi sebelumnya. Pasalnya, bus buatan Eropa ini memiliki pengaturan kecepatan. Dalam hal ini, artinya bus tersebut tidak bisa dikebut atau ugal-ugalan.

Pada Bus Transjakarta terdapat tulisan kecepatan maksimum 50 km/jam di dalam kaca samping. Informasi dan aturan ini bukan berarti bus tidak bertenaga. Hanya saja, bus memang sudah diatur supaya tidak bisa lari kencang di atas itu, sekalipun gas sudah ditekan dalam-dalam.

Informasi soal pelanggaran batas kecepatan itu sendiri melibatkan sejumlah perangkat. Kalau tembus 50 km/jam, akan ada lampu merah yang menyala. Di dalam bus ada perangkat OBU, sehinga di command center bisa memperingatkan langsung ke pengemudinya.

Reporter : Nazarudin Ray

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR