HOME » BERITA » 6 JENIS RAMBU LALU LINTAS JALAN YANG WAJIB DIKETAHUI AGAR BERKENDARA AMAN DAN NYAMAN

6 Jenis Rambu Lalu Lintas Jalan yang Wajib Diketahui Agar Berkendara Aman dan Nyaman

Rambu lalu lintas harus selalu ditaati setiap pengguna jalan, mulai dari pengendara motor hingga mobil

Rabu, 12 Agustus 2020 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
6 Jenis Rambu Lalu Lintas Jalan yang Wajib Diketahui Agar Berkendara Aman dan Nyaman
Rambu-rambu lalu lintas (Creative Market)

OTOSIA.COM - Pada dasarnya setiap pengguna jalan harus mentaati segala rambu lalu lintas yang ada. Bukan hanya agar membuat pengendara bermotor tertib berlalu lintas, tetapi juga sebagai pencegahan dini kecelakaan yang bisa terjadi. Selain itu, hal ini juga dilakukan agar berkendara semakin nyaman dan tentunya terhindari dari tilang polisi.

Saking pentingnya, rambu lalu lintas dan artinya wajib diketahui Otolovers. Harus diketahui juga, ada cukup banyak rambu-rambu di jalanan dan masing-masing memiliki makna yang beragam.

Secara fisik, rambu lalu lintas sendiri memiliki banyak bentuk. Ada yang model daun dan juga tiang. Biasanya petunjuk jalan tersebut diletakkan di sepanjang jalan nasional atau provinsi. Terkadang di jalan alternatif pun juga ada.

Perlu diketahui juga, rambu lalu lintas adalah bagian dari perlengkapan jalan yang memuat lambing, huruf, angka, kalimat, atau perpaduan di antaranya. Tujuannya untuk memberikan peringatan, larangan, perintah, dan petunjuk bagi pemakai jalan.

Nah, jenis dari rambu lalu lintas juga cukup banyak lho Otolovers. Berikut ini 6 jenis rambu lalu lintas dan artinya yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 6 Halaman

Rambu Lalu Lintas Peringatan

blh.bogorkab.go.id

Rambu peringatan memiliki makna memberikan peringatan kepada pengguna jalan, bahwa ada kemungkinan bahaya di depan. Biasanya berbentuk belah ketupat dengan warna dominan kuning dan tulisan atau lambang berwarna hitam di tengahnya.

Contoh dari rambu lalu lintas peringatan ini adalah adanya tikungan tajam, penyempitan jalur, jalan rawan longsor, jalan licin, jalan menanjak atau menurun, dan jalur bergelombang.

2 dari 6 Halaman

Rambu Lalu Lintas Perintah

blh.bogorkab.go.id

Di jalan pasti Otolovers juga sering menemukan rambu dengan bentuk bundar berwarna biru. Ya, inilah rambu lalu lintas perintah yang memiliki makna mewajibkan setiap pengguna jalan untuk mematuhi atau melakukan informasi yang terkandung di rambu tersebut, missal berbelok, berputar, tempat parkir, dan lainnya.

3 dari 6 Halaman

Rambu Lalu Lintas Larangan

blh.bogorkab.go.id

Ada juga rambu lalu lintas larangan yang menggunakan warna dasar merah dan putih, serta di tengahnya ada lambang atau tulisan berwarna hitam. Artinya sendiri adalah larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan oleh setiap pengguna jalan, seperti dilarang parkir dan dilarang berhenti.

4 dari 6 Halaman

Rambu Lalu Lintas Petunjuk

blh.bogorkab.go.id

Rambu ini sendiri memiliki arti petunjuk bagi pengguna jalan. Biasanya didesain dengan bentuk persegi panjang berwarna biru atau hijau dan di tengahnya ada gambar jalan dengan warna putih. Contohnya adalah petunjuk arah ke kota tertentu.

5 dari 6 Halaman

Papan Lalu Lintas Tambahan

blh.bogorkab.go.id

Kemudian ada juga papan lalu lintas tambahan. Biasanya memuat informasi tambahan tentang waktu tertantu, jarak, dan jenis kendaraan sebagai hasil manajemen dan rekayasa lalu lintas. Papan tambahan ini berbentuk persegi panjang dengan tulisan dan bingkai berwarna hitam.

6 dari 6 Halaman

Rambu Lalu Lintas Nomor Rute

blh.bogorkab.go.id

Terakhir adalah rambu lalu lintas nomor rute. Berisi petunjuk terkait nomor rute dari dari angkutan umum. Sehingga calon penumpang tidak kebingungan terkait informasi rute dari transportasi tersebut. Biasanya memiliki bentuk persegi panjang dengan desain warna hijau dan garis tepi warna putih.

BERI KOMENTAR