HOME » BERITA » RANTAI MOTOR SERING BERISIK, BISA JADI INI SEBABNYA

Rantai Motor Sering Berisik, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Ada beberapa penyebab rantai motor sering berisik.

Senin, 01 Februari 2021 09:15 Editor : Cornelius Candra
Rantai Motor Sering Berisik, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Rantai Yamaha WR155R (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Rantai merupakan salah satu sistem penggerak roda yang paling umum ditemui pada sepeda motor. Pasalnya, tipe ini memiliki efisiensi terbaik, tenaga yang hilang tak lebih dari 5%.

Tapi, rantai terbilang cukup manja. Karena terletak di luar, part ini lebih mudah kotor dan akan bertambah panjang atau melar seiring jangka waktu pemakaian. Selain itu, juga diperlukan cairan pelumas serta penggantian gear.

1 dari 2 Halaman

Ketika rantai sudah cukup tua, biasanya di atas 4 tahun, atau pun jarang dirawat, akan muncul suara yang cukup mengganggu. Andang, mekanik sekaligus pemilik bengkel ADS Motorcycle, menjelaskan bahwa ada penyebab lain di luar 2 hal tersebut.

"Memang harus diperiksa dulu semuanya, kondisi gear depan dan belakang, kemudian anting atau setelan rantai, kendur atau tidak, apakah sudah kotor, atau memang usia," terang Andang saat berbincang dengan redaksi Otosia belum lama ini.

2 dari 2 Halaman

Ia pun menyebut bahwa bisa jadi permasalahan justru ada di karet tromol velg belakang. Jika kondisinya sudah keras, bisa tercipta ruang antara gear dengan roda sehingga perputarannya kurang serasi.

"Jadi solusi tiap masalahnya beda. Ada yang cuma setel rantai sudah beres. Tapi kalau sudah usia atau waktunya, ya terpaksa ganti. Kalau karet tromol masih bisa direparasi atau penggantian sekaligus," pungkas pria asal Solo tersebut.

BERI KOMENTAR