HOME » BERITA » MITSUBISHI XPANDER MASIH JADI IDOLA, SEBERAPA LAKU DI PASARAN?

Mitsubishi Xpander Masih Jadi Idola, Seberapa Laku di Pasaran?

Xpander menjadi tulang punggung panjualan Mitsubishi di masa pandemi. Menyusul di bawahnya Pajero Sport sebagai penjualan terbanyak kedua.

Jum'at, 18 Desember 2020 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Mitsubishi Xpander Masih Jadi Idola, Seberapa Laku di Pasaran?
Xpander menjadi tulang punggung Mitsubishi (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pandemi COVID-19 memberikan pukulan telak bagi industri otomotif nasional. Bahkan diprediksi penjualan mobil nasional tahun ini sekitar 520 ribu unit, atau setengah dari capaian tahun 2019.

Meski masih tertatih-tatih, namun sejak Juni beberapa brand mencatat pertumbuhan yang lumayan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Salah satu brand yang mengalami pergerakan positif adalah Mitsubishi.

Berdasarkan penjualan retail PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada bulan November Mitsibishi berhasil melepas 5.359 unit. Angka tersebut merupakan gabungan dari penjualan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan.

1 dari 2 Halaman

Pada kategori passenger car Mitsubishi mampu memaksimalkan penjualan dengan angka 2.936 unit. Kontribusi terbesar masih berasal dari seluruh line up Xpander, yakni 68 persen.

Posisi berikutnya ditempati Pajero Sport dengan kontribusi sekitar 31 persen. Namun jika dilihat dari market share di segmen Medium SUV, Pajero Sport menguasai 33,6 persen pangsa pasar.

Sementara di segmen kendaraan niaga ringan, MMKSI berhasil menjual 2.423 unit. Model L300 mendominasi dengan kontribusi sebesar lebih dari 78 persen.

 

 

2 dari 2 Halaman

Mitsubishi juga mencatat, L300 merebut pangsa pasar sebesar 65,9 persen di segmen Small Pick-Up 4x2, sedangkan Mitsubishi Triton meraih pangsa pasar 42,6 persen di segmen Pick-Up 4x4.

"Dalam kondisi yang belum stabil seperti sekarang ini kami tetap optimis dan berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan kepada konsumen secara berkelanjutan, serta melakukan pemulihan terhadap performa penjualan," ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI.

BERI KOMENTAR