HOME » BERITA » RATUSAN MOBIL DINAS PEMPROV RIAU BELUM BEROPERASI SEJAK LEBARAN 2019

Ratusan Mobil Dinas Pemprov Riau Belum Beroperasi Sejak Lebaran 2019

Sejal Idul Fitri 2019 lalu ratusan mobil dinas milik Pemprov Riau masih terparkir di halaman rumah dinas Gubernur Riau, Syamsuar.

Senin, 15 Juli 2019 18:45 Editor : Cornelius Candra
Ratusan Mobil Dinas Pemprov Riau Belum Beroperasi Sejak Lebaran 2019
Mobil dinas Pemprov Riau (Merdeka.com)

OTOSIA.COM - Rumah dinas Gubernur Riau, Syamsuar, di Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru sejak sebelum Idul Fitri 2019 lalu menjadi lokasi parkir ratusan mobil dinas milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, mulai Toyota Avanza hingga Nissan X-Trail berbagai usia.

Mobil-mobil itu dikandangkan usai Gubernur Riau mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 18/SE/2019 agar para pejabat di lingkungan pemrov Riau tidak menggunakan kendaraan dinas jabatan dan kendaraan dinas operasional selama masa cuti lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah /2019 Masehi.

Surat edaran ini berpedoman dari surat pimpinan KPK, tanggal 8 Mei 2019 tentang imbauan pencegahan gratifikasi terkait hari raya keagamaan. Selanjutnya, Peraturan Menpan RB tentang pedoman peningkatan pelaksanaan efisiensi, penghematan dan disiplin kerja.

"Ada sekitar lebih dari 150 unit yang diserahkan. Ada yang belum bayar pajak juga, jadi didata dulu. Ada yang tidak sesuai peruntukannya," ujar Kepala Biro Humas Pemprov Riau, Firdaus.

¬

1 dari 1 Halaman

Terawat Hingga Berkarat

Ratusan Mobil Dinas Pemprov Riau Belum Beroperasi Sejak Lebaran 2019Terawat Hingga Berkarat

Dari sekian mobil itu, paling banyak ialah Toyota Avanza dan Hilux. Mobil itu diserahkan dari masing-masing pejabat, pada Mei 2019 lalu. Namun hingga kini masih terparkir di halaman belakang rumah dinas Syamsuar.

Pantauan Merdeka.com, Senin (15/7), kondisi mobil tampak masih bagus, ada pula yang berkarat dan lecet, seperti tidak dirawat. Bahkan, adapula salah satu mobil dinas Toyota Hilux milik Kepala Dinas Pariwisata, Fahmizal Usman yang ikut dikandangkan.

"Sebelum lebaran kemarin, mobil jabatan saya X-Trail dan mobil operasional Hilux saya kembalikan, karena mau didata. Setelah lebaran, hanya satu yang boleh saya bawa kembali, X-Trail itu. Kalau Hilux belum boleh, masih pendataan," ucap Kadis Pariwisata Pemprov Riau, Fahmizal Usman kepada merdeka.com.

Tak ketinggalan pula mobil dinas yang digunakan Kepala Badan Kesejahteraan Bangsa dan Politik turut dikandangkan.

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR