HOME » BERITA » RATUSAN PENGENDARA KENA TILANG LANTARAN MEROKOK SAAT BERKENDARA

Ratusan Pengendara Kena Tilang Lantaran Merokok Saat Berkendara

Rabu, 03 April 2019 08:15 Editor : Cornelius Candra
Merokok saat berkendara (mynrma.com.au)

OTOSIA.COM - Sejak diterapkannya Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor, pihak kepolisian mulai menilang para pengemudi yang kedapatan merokok saat berkendara.

Bahkan, terkait peraturan larangan merokok ini, sudah ada ratusan pengendara yang ditilang.

"Pelanggar sudah mencapai 652 kasus dari aspek mengganggu konsentrasi dan tidak wajar," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir seperti dikutip Liputan6.com dari akun NTMC Polri, ditulis Selasa (4/2/2109).

Lanjutnya, jumlah pengendara yang ditilang itu dihitung sejak diberlakukan aturan tersebut. Penindakan tilang itu dilakukan oleh polisi berdasarkan aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengeluarkan larangan merokok saat berkendara.

"Sebanyak 652 pelanggar itu dikenakan denda Rp750 ribu. Urus denda di pengadilan atau bayar melalui Bank BRI," tegasnya.

Nasir menyebutkan, larangan merokok bagi para pengendara diberlakukan karena dinilai dapat mengganggu konsentrasi, sehingga menyebabkan bahaya. Selain itu, secara etika juga tidak baik, terlebih aturannya sudah jelas.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR