HOME » BERITA » RAV4 JADI SUV PERTAMA TOYOTA YANG PAKAI HYBRID, SEGINI TENAGANYA

RAV4 Jadi SUV Pertama Toyota yang Pakai Hybrid, Segini Tenaganya

Jum'at, 09 November 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Toyota RAV4 2019 versi Australia (Caradvice)

OTOSIA.COM - Toyota RAV4 2019 dikabarkan akan meluncur ke Australia pada quarter kedua tahun 2019. RAV4 disebut akan menjadi SUV pertama Toyota yang menggunakan sistem hybrid, seperti dikutip dari Caradvice.

Selain dukungan sistem hybrid, RAV4 akan memiliki tiga pilihan mesin. Pertama, mesin bensin 2.0L naturally asprated yang dipadukan dengan sistem penggerak roda depan.

Toyota RAV4 2019 versi Australia (Caradvice)

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 127 kW dan torsi 203 Nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan atau CVT dengan gear baru.

Kedua, mesin bensin yang lebih besar berkapasitas 2.5L naturally aspirated 4-pot yang menghembuskan tenaga 152 kW dengan torsi puncak 243 Nm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Toyota RAV4 2019 versi Australia (Caradvice)

Sistem all-wheel drive untuk versi mesin 2.5L bisa menggerakkan 50 persen torsi ke poros belakang dan mendistribusikannya ke roda luar di sudut itu, berkat sistem vectoring Toyota yang baru. Gandar belakang dapat diputus saat tak diperlukan, untuk menghemat bahan bakar.

Terakhir, RAV4 Hybrid akan dikombinasikan dengan mesin bensin 2.5L, dengan motor listrik dengan output 155 kW. Tenaga disalurkan ke keempat roda melalui sistem all-whell drive listrik yang menggunakan generator motor tambahan pada as roda belakang untuk menyediakan drive on demand.

Hingga 80 persen torsi mesin dapat dikirim ke belakang saat diperlukan, tetapi standar mobil untuk penggerak roda depan bisa menghemat bahan bakar dalam kondisi normal.

Toyota RAV4 2019 versi Australia (Caradvice)

Baterai diletakkan di bawah kursi, sehingga tak terlihat perbedaan antara RAV4 versi hybrid dan model bensin. Tapi, RAV4 hybrid akan memiliki interior yang lebih lega dari sebelumya, dengan desain yang lebih modern yang terinspirasi dari new Corolla.

Ada layar 8.0-inci yang terletak di atas dasbor, sementara center console lebih kecil daripada sebelumnya dengan tambahan cupholder. Fiturnya juga ada rem parkir elektronik, 5 USB port di dalam kabin, dan pengisian daya handphone nirkabel.

RAV4 2019 menggunakan TNGA chassis yang 57 persen lebih kaku daripada model saat ini, yang mana artinya itu akan lebih mudah pada handling.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR