HOME » BERITA » RAYAKAN 6 DEKADE, 60 MOBIL MINI ADU KENCANG DI SILVERSTONE

Rayakan 6 Dekade, 60 Mobil MINI Adu Kencang di Silverstone

60 mobil MINI akan balapan di Sirkuit Silverstone untuk merayakan ulang tahun ke-60 MINI.

Kamis, 04 Juli 2019 22:15 Editor : Cornelius Candra
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Rayakan 6 Dekade, 60 Mobil MINI Adu Kencang di Silverstone

OTOSIA.COM - Mobil kecil ikonik asal Inggris, MINI, pada tahun ini merayakan ulang tahunnya yang ke-60. Artinya, mengutip dari Oto.com, mobil yang pertama kali dibuat oleh British Motor Corporation itu telah melakoni perjalanan panjang di dunia otomotif. Pernah bertumpu pada 10 induk perusahaan, nama MINI tak pernah luntur serta ciri khasnya juga tetap melekat.

Seremoni dilaksanakan pada 26-28 Juli 2019, di trek legendaris, Silverstone. Bukan sekadar pameran atau kumpul komunitas. Melainkan pertunjukan balap Mini klasik, yang diikuti 60 mobil. Jangan remehkan "hamster" satu ini. Biarpun memiliki mesin kecil, performanya tak bisa dipandang sebelah mata. Tak lain karena bobot mobil yang ringan dan ketangkasan dalam bermanuver. Ia dikenal dengan pengendaliannya yang tajam dan akurat. Hingga pernah mengikuti ajang reli dunia. Jadi, di dunia balap, merek inipun pernah mengukir sejarah.

Awalnya, rencana selebrasi itu mengalami sedikit masalah. Jumlah race grid di Silverstone hanya untuk 58 mobil saja. Sementara yang mengikuti lomba ada 60 unit. Tapi karena dianggap spesial, akhirnya mereka memperoleh dispensasi khusus untuk melaksanakannya. Diperoleh izin menambah dua grid dari pengelola Motorsport Inggris. Maka dari itu, acara bertajuk Silverstone Classic bakal mencetak rekor balapan mobil retro terbanyak, bahkan secara umum sekalipun.

"Perayaan hari jadi Mini yang ke-60, nampaknya bakal jadi momen yang menyenangkan. Ini keputusan yang sangat tepat. Kami juga sangat berterima kasih kepada para pengurus Motorsport UK dan Master Historic Racing, selaku penyelenggara sekaligus memberikan izin khusus," kata CEO Silverstone Classic, Nick Wigley.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR