Sukses

Para Jagoan Nissan di GIIAS 2021 untuk Elektrifikasi Indonesia

Otosia.com Indonesia terus melangkah menuju era otomotif yang ramah lingkungan. Mungkin, nantinya tidak akan ada lagi mobil berkombusi internal yang masih mengandalkan bahan bakar minyak.

Sebagai salah satu raksasa otomotif Indonesia, Nissan pun turut ambil bagian, menelurkan produk baru dengan basis teknologi modern dipadu mesin listrik terbaik di kelasnya.

Buktinya, Nissan Indonesia memboyong All-Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER ke GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

"Dengan sejarah panjang Nissan di mobilitas elektrifikasi global, kami ingin menawarkan pengalaman dan solusi inovatif untuk mobilitas listrik di Indonesia melalui The All-New Nissan LEAF dan Nissan Kicks e-POWER," ujar Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

All-New Nissan LEAF

All-New Nissan LEAF di GIIAS 2021 (Otosia.com)

Kehadiran Nissan LEAF di Indonesia ditandai dengan pembukaan pre-booking sejak awal Agustus 2021. Lalu, peluncurannya berlangsung 18 Agustus 2021.

LEAF diklaim sebagai kendaraan listrik pertama yang dipasarkan secara massal dan sudah terjual lebih dari 500 ribu unit di seluruh dunia.

Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam dua opsi warna, yaitu one tone dengan harga Rp 649 juta dan dual tone berharga Rp 651 juta.

"Peluncuran The All-New Nissan LEAF ini menunjukkan komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa The All-New Nissan LEAF akan mengubah cara konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya," tambah Evensius Go.

All-Nissan LEAF merupakan penanda dari hadirnya Nissan Intelligent Mobility, yang menjadi bagian filosofis Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai dan diintegrasikan ke masyarakat.

LEAF disebut punya teknologi canggih di sektor baterai yang membuatnya sanggup melaju sejauh 311 Km untuk sekali pengecasan, berdasarkan hasil tes New European Driving Cycle (NEDC). Itu sama dengan rata-rata penggunaan harian 40 Km seminggu, hanya butuh satu kali catu daya saja.

Tenaganya sebesar 110 kW atau setara dengan 150 PS, dengan torsi maksimum 320 Nm. Akselerasinya terbilang responsif dengan 7,9 detik dari diam hingga 100 Km/jam.

Sedangkan speed tertingginya mencapai 155 Km/jam.

Fitur keselamatan yang dibenamkan pun sangat komplet, contohnya sebagai berikut:

  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Forward Emergency Braking (FEB)
  • Intelligent Trace Control (ITC)
  • Vehicle Dynamic Control (VDC)
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA)
  • Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD)
  • Driver Attention Alert (DAA)
  • Electronic Parking Brake (E-PKB)


Setiap pembelian All-New Nissan LEAF akan mendapatkan jaminan selama tiga tahun atau 100.000 Km, warranty baterai 8 tahun atau 160.000 Km serta biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 Km.

Nissan Kicks e-POWER

Nissan Kicks e-POWER di GIIAS 2021 (Otosia.com)

Jauh sebelum All-New Nissan LEAF masuk Indonesia, Kicks e-POWER telah lebih dulu meramaikan pasar dengan teknologi hebatnya.

Mobiil dengan genre compact SUV ini punya teknologi hybrid yang sensasi berkendaranya layaknya full mobil listrik.

Mesin konvensionalnya menggandalkan tiga silinder 12 katup berkubikasi 1.299 cc. Sedangkan motor listriknya menggunakan EM57 dengan tipe AC3 Synchronous Motor.

Dua motor ini saling membantu memproduksi tenaga. Mesin bensin bertugas menjadi generator dan inverter yang kemudian menghasilkan daya listrik.

Sesampainya daya tersebut tersimpan pada bateri lithium ion 1,57 kWh, maka motor listrik akan menggunakannya untuk menggerakkan roda.

Bisa dibilang, mesin kombusi internalnya hanya berperan sebagai genset.

Performa Nissan Kicks e-POWER jelas tidak main-main. Tenaganya mencapai 125 PS, sementara torsinya tembus 260 Nm.

Mobil dengan harga Rp 449 jutaan itu memiliki One-pedal operation yang merupakan fitur pintar untuk membantu akselerasi dan deselerasi dengan hanya mengandalkan satu pedal.

Ada juga Nissan Safety Shield System dengan kolaborasi teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System pertama untuk kelasnya.

Selama GIIAS 2021 berlangsung, Nissan menawarkan beragam program untuk pengunjung yang ingin membeli mobil mereka, seperti voucher cashback hingga Rp 50 juta.

 (kpl/sdi)
Loading