Sukses

5 Fakta Unik Becak Motor yang Jadi Transportasi Ikonik di Medan

Otosia.com Masing-masing daerah di Indonesia memiliki daya tarik sendiri. Tak terkecuali jika Otolovers berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Di sana, Otolovers akan melihat hal-hal yang tak ada di daerah lain.

Salah satunya adalah alat transportasi umum ikonik yang ada di Medan. Di sepanjang jalan Kota Medan, Otolovers akan dengan mudah melihat becak motor berseliweran.

Nah, maka kurang afdol jika ke Medan tak menjajal alat transportasi yang satu ini. Dilansir dari Merdeka.com, berikut fakta-fakta menarik tentang becak motor alias bentor di Medan:

Video Paling Dicari saat Ini
 (kpl/tys)

Sudah Ada Sejak 1960

Becak motor telah menjadi kendaraan khas Medan sejak 1960-an. Meski sudah ada selama berpuluh-puluh tahun, tetapi transportasi ini masih bertahan hingga saat ini.

Seperti namanya, becak motor Medan menggunakan becak dan sepeda motor sebagai tenaga penggerak. Ciri khasnya adalah tempat duduk penumpangnya berada di sisi kiri pengemudi.

Tak Sama dengan Becak di Jawa

Dilansir dari geotimes.co.id, meski di daerah lain, seperti di Jawa juga memiliki becak sebagai alat transportasi tradisional, tetapi becak yang ada di Medan tentu berbeda. Becak di sini menggunakan mesin sebagai tenaga penggerak, sedangkan di Jawa hanya dengan kayuhan. 

Perbedaan lain terlihat pada tempat duduk penumpang. Jika becak di Jawa penumpangnya duduk di depan pengendara, beda dengan becak motor Medan yang tempat duduk penumpangnya berada di samping pengendara.

Dulu, sempat ada yang namanya Helicak alias helikopter becak. Dinamakan demikian karena tempat duduk penumpang seperti berada dalam kabin helikopter.

Bisa Menembus Gang Sempit

Dilansir dari semedan, selain tampilannya yang cukup nyentrik, keunikan lain dari becak motor di Medan adalah ukuran becak motor yang tidak terlalu lebar membuat becak ini bisa dengan mudah menjangkau lorong-lorong (gang) yang kecil. 

Bahkan, jika pengemudinya lincah, becak motor dapat memutar balik arah tanpa susah payah harus berbelok.

Bisa Angkut Hingga 5 Orang

Jika biasanya becak kayuh yang sering dijumpai di Jawa bisa membawa dua penumpang sekali jalan, beda ceritanya dengan becak motor di Medan. Meski tidak terlalu besar, namun becak motor Medan ternyata bisa mengangkut lebih dari lima orang penumpang dalam sekali jalan.

Selain itu, becak motor juga biasa dimanfaatkan untuk membawa barang. Rangka pada atap becak bisa dibuka dengan mudah seperti katup sebuah payung (terpal).

Next

Bersaing dengan Transportasi Online

Becak motor telah menjadi moda transportasi favorit bagi masyarakat Medan selama puluhan tahun. Mudah dijumpai dan tarif yang tergolong murah, membuat becak motor laris menjadi pilihan masyarakat saat ingin bepergian di tengah kota. 

Namun, di era milenial seperti saat ini, keberadaan becak motor mulai terancam dengan semakin banyaknya jasa transportasi online. Meski masih banyak dijumpai, namun minat masyarakat akan becak motor semakin berkurang.

Loading