Sukses

4 Langkah Mudah Rawat Sabuk Pengaman Mobil Kesayangan

Otosia.com Tak hanya bagian seperti mesin dan eksterior mobil saja yang perlu menapatkan perawatan. Masing-masing komponen yang menjadi bagian dari mobil juga perlu mendapatkan perawatan.

Sebut saja sabuk pengaman alias safety belt. Komponen ini perlu dirawat secara rutin agar selalu nyaman digunakan.

Seringkali, tali sabuk pengaman mudah kotor. Sehingga menyebabkan gatal saat dipakai. Selain itu, sabuk pengaman bisa macet dan tak bisa mengunci akibat banyak otoran.

Maka itu, pemilik mobil harus rutin membersihkannya. Caranya pun mudah, begini langkah-langkahnya seperti dilansir dari laman Suzuki Indonesia:

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

1. Persiapan

Sebelum membersihkannya, perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Antara lain, kain lap, sikat gigi, air, dan cuka serta penjepit kertas. Jika perlu, tambahkan bahan lain untuk membersihkan noda membandel.

2. Persiapkan Sabuk Pengaman

Jika peralatan sudah tersedia, mulailah dengan menarik sabuk pengaman itu hingga semua bagian keluar dari gulungan. Lalu pasangkan penjepit kertas pada bagian pangkal sabuk, agar tidak kembali tergulung.

Next

3. Proses Pembersihan

Campurkan cairan pembersih dengan air atau cuka. Lalu, ambil kain lap dan oleskan campuran cairan tersebut ke seluruh permukaan sabuk.

Lakukan proses menggosok dengan kain lap. Jika noda membandel, gosok menggunakan sikat gigi. Saat menggosok, pastikan gosoklah searah.

Ikuti serat benang dan jangan menggosok dengan gerakan memutar. Hal itu bisa merusak serat benang sehingga membuat kekuatan sabuk menjadi berkurang.

4. Pengeringan

Setelah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah keringkan sabuk. Otolovers bisa menggunakan hair dyer atau cukup diangin-anginkan saja.

Loading