Sukses

Rawan Begal, Segini Tarif Layanan Kawal Sepeda dari Komunitas Ojol di Jakarta

Otosia.com Begal kini tak hanya mengincar pengguna kendaraan bermotor, tapi juga pesepeda. Beberapa kali insiden pesepeda nyaris dibegal atau sudah menjadi korban begal dengan harta benda mereka melayang terjadi.

Tak jarang, selain kehilangan harta benda para pesepeda juga mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut.

Hal tersebut membuat komunitas ojek online (ojol) dari Gabungan Aksi Roda Dua atau Garda membuat layanan untuk mengawal para pegiat hobi sepeda.

Video Terpopuler saat Ini
 (kpl/tys)

Next

Penggagas sekaligus Ketua dari Komunitas Garda, Igun Wicaksono menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan upaya dari komunitasnya untuk membantu pihak kepolisian mengamankan jalanan di Kota Jakarta dan membuat nyaman para pegiat sepeda.

“Dari hasil pengamatan, kami merasa perlu adanya kegiatan pengawalan secara independen kepada para pesepeda, dengan menggunakan motor agar keamanan lalu lintas senantiasa terjaga,” kata Igun seperti dikutip dari Ayo Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Harga Pengawalan

Igun menjelaskan untuk para individu maupun komunitas sepeda yang ingin dilakukan pengawalan, pihaknya menawarkan per paket Rp 750 ribu untuk maksimal 10 orang pesepeda melalui anggota ojek online khusus yang terlatih.

“Jika tertarik untuk dikawal kami memiliki harga paketan jasa Rp 750.000 per jam dengan jumlah maksimal 10 pesepeda. Jika di kelompok tersebut terhitung lebih dari 10 maka akan masuk kategori dua paket,” terangnya.

Terkait anggota ojol yang mengawal, Igun mengungkapkan jika pengawalan akan dilakukan oleh anggota yang berpengalaman dan terlatih di bidang keamanan seperti para driver dari mantan petugas keamanan (security).

Berlaku 24 Jam

Untuk waktu pengamanan Igun tidak mematok jam-jam khusus. Para pesepeda bisa memesan jasa pengawalan dari Garda kapan pun, mengingat pihaknya selalu siap selama 24 jam.

“Pengawalan bisa dilakukan selama 24 jam karena kami memiliki basis pengemudi ojol yang tersebar di seluruh jalanan Jakarta yang siap setiap saat. Mereka juga telah memahami aturan lalu lintas sehingga pengguna tak perlu khawatir,” katanya. 

Igun menambahkan jika pihaknya optimis untuk membantu pengamanan lalu lintas guna meminimalisir tindakan pembegalan kepada para pegiat olahraga sepeda. Sebagai bukti keseriusan, Garda telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Dengan jaringan ojol yang banyak dan siap turut membantu apabila ada permasalahan kriminalitas di jalan yang mengancam para pesepeda, kami optimis jasa Garda pengawalan sepeda akan banyak dibutuhkan komunitas-komunitas sepeda maupun ekslusif pesepeda individu yang butuh rasa aman," katanya.

Penulis: Nurul Diva Kautsar

Sumber: Merdeka.com

Loading