Sukses

Erupsi Gunung Semeru, Begini Cara Melindungi Mobil dari Debu Vulkanik yang Bisa Rusak Cat Bodi

Otosia.com Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Selasa (1/12/2020). Guguran awan panas Gunung Semeru meluncur hingga sejauh 3.000 meter ke arah Besuk Kobokan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berdasarkan siaran pers dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, hasil pemantauan PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Semerundi Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mencatat jarak luncur awan panas guguran Gunung Semeru pada Selasa pukul 01.23 WIB sekitar 2.000 meter, telah mencapai jarak 3.000 meter pada pukul 02.00 WIB.

Awan hujan abu dilaporkan masih berlangsung hingga Selasa pagi pukul 5.40 WIB di kawasan Besuk Kobokan. Material vulkanik tersebut bisa menutupi dan menempel ke seluruh benda.

Sebelum GIIAS 2022
 (kpl/tys)

Next

Tak hanya buruk untuk kesehatan, tapi juga tidak baik untuk mobil. Jika tidak cepat dibersihkan, maka bisa menyebabkan kondisi yang lebih buruk untuk cat mobil karena kandungan material debu vulkanik itu.

Menurut Daihatsu Indonesia, abu vulkanik mengandung unsur asam sulfat yang sangat kental dan bisa menyebabkan korosi, merusak cat, dan bisa menggores kaca mobil. Nah untuk membersihkan debu vulkanik yang menempel pada mobil, coba ikuti cara berikut:

Next

1. Siram Pakai Air Secara Hati-Hati

Jika kondisi sudah memungkinkan, semprotkan air ke mobil. Tapi, untuk mengurangi risiko yang terjadi dari gesekan antara abu dengan cat mobil, maka kamu harus pintar-pintar mengatur tekanan air yang kamu gunakan ya.

Jangan menggosok permukaan mobil dengan jenis kain apapun, apalagi kain yangberbahan kasar. Karena abu vulkasik memiliki tekstur yang dapat merusak lapisan cat dan kaca mobil, jadi pelan-pelan saja.

2. Tingkatkan Tekanan Air

Periksa bagian ban dan bagian kaki-kaki mobil. Untuk membersihkan kotoran pada bagian ini sebaiknya kamu meningkatkan tekanan air pada selang agar memudahkan kamu dalam membersihkan sisa kotoran yang menempel. Kamu juga harus sabar dan teliti ya, untuk membersihkan sela-sela bagian sempit di area bawah mobil tersebut.

Next

3. Gunakan Sampo Mobil

Karena abu vulkanik mengandung asam, maka siapkan sampo yang biasa kamu gunakan untuk mencuci mobil. Sampo kendaraan yang baik harus memiliki kadar PH yang netral, hal ini juga mampu menjaga kualitas cat mobil.

Setelah kamu merasa sisa-sisa abu vulkanik sudah mentingkir dari kendaraan kamu. Ulangilangkah ini sekali lagi dengan sampo yang sama dan perhatikan disela-sela jendela, di mana abu vulkanik mungkin masih tersisa.

Jika sudah selesai, bilas kendaraan menggunakan tekanan air yang sedang serta menggunakan kain yang bersih untuk mengelap bagian yang basah.

4. Tutup dengan Cover Kendaraan

Jika sudah bersih, maka hal terbaik adalah merawatnya dengan baik. Cover kendaraan memiliki fungsi yang baikuntuk melindungi kendaraan dari debu dankotoran lain yang mungkin saja menghampiri.

Loading